Mahmudah, Siti (2021) Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di RA Muslimat NU Manafiul Ulum. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (388kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (820kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (294kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (413kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (262kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) |
Abstract
Penelitian ini penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di RA Muslimat NU Manafiul Ulum Getassrabi Gebog Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data terhadap data yang berhasil dikumpulkan serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan bahasa Indonesia pada anak usia dini pada kegiatan pembelajaran di RA Muslimat NU Manafiul Ulum Getassrabi Gebog Kudus, untuk mengetahui peran kegiatan pembelajaran dengan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia pada anak usia dini di RA Muslimat NU Manafiul Ulum Getassrabi Gebog Kudus, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia pada anak usia dini melalui metode bercerita di RA Muslimat NU Manafiul Ulum Getassrabi Gebog Kudus. Hasil dari penelitian ini: (1) Pada kegiatan pembelajaran digunakan untuk menstimulus anak dalam mengucapkan kosa kata dan mengembangkan kosa katanya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia, RA Muslimat NU Manafiul Ulum dalam meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia salah satunya dengan metode bercerita. (2) Peran kegiatan bercerita dalam meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia sangatlah penting, dengan bercerita kemampuan bahasa anak meningkat dan anak dapat berkomunikasi secara lisan dengan bahasanya sendiri. (3) Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini adalah faktor fasilitas, faktor strategi guru dan faktor teman sebaya. Sedangkan faktor penghambat adalah munculnya sifat malas, suasana hati anak sedang tidak bagus, dan kurangnya perhatian orang tua dalam berkomunikasi ketika mendampingi anak saat di rumah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bahasa Indonesia, Metode Bercerita |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 02:41 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 02:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6313 |
Actions (login required)
View Item |