Indriyani, Yuli (2021) Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMP/MTs Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas IX Melalui Instrumen Drawing Science. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (272kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (552kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (695kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (367kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (695kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (331kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (337kB) |
Abstract
Kemampuan siswa dalam menangkap materi yang disampaikan oleh guru berbeda-beda. Selain itu siswa juga memiliki pengetahuan yang didapatkan dari pengalaman pribadi. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memahami suatu materi sehingga menyebabkan tingkat pemahaman siswa pada suatu materi berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan pada materi sistem reproduksi manusia dan pemahaman konsep siswa SMP/MTs pada materi sistem reproduksi manusia di kelas IX dengan menggunakan Instrumen Drawing Science dengan menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes drawing science, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Miles and Huberman yang berisi data reduction (mereduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification sehingga menghasilkan data informasi berupa deskripsi. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: 1) Dalam proses pembelajaran tidak semua siswa tertarik pada materi sistem reproduksi, akan tetapi proses pembelajaran yang dilakukan berjalan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh guru. Kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari sistem reproduksi terdapat pada bagian organ reproduksi. Siswa sulit membedakan antara organ pria dan organ wanita. Pemahaman siswa terhadap sistem reproduksi manusia hanya terdapat pada bagian-bagian tertentu saja. 2) Berdasarkan hasil drawing science tingkat pemahaman siswa secara umum menunjukkan masih terdapat pada level tiga yang menunjukkan gambar dengan kesalahpahaman. Kesalahpahaman yang terjadi pada siswa terdapat pada penempatan organ dan terjadi kekeliruan dalam menyebutkan organ pria dan wanita. Kesalahpahaman ini dapat terjadi karena pengetahuan siswa sendiri yang didapatkan dari pengalaman siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran, Pemahaman Siswa, Sistem Reproduksi Manusia, Drawing Science |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 02:16 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 02:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6338 |
Actions (login required)
View Item |