Studi Analisis Ketersediaan Media Pembelajaran Pada MA yang Terakreditasi A, (Studi Kasus di MAN 1 Kudus dan MA NU Banat Kudus)

Fahrizal, Achmad (2021) Studi Analisis Ketersediaan Media Pembelajaran Pada MA yang Terakreditasi A, (Studi Kasus di MAN 1 Kudus dan MA NU Banat Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (399kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (196kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (153kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (285kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (140kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui ketersediaan media pembelajaran di dalam kelas, virtual, dan di luar kelas pada MA yang terakreditasi A dengan tempatnya di MAN 1 Kudus dan MA NU Banat Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus merupakan penelitian yang dilakukan agar peneliti memperoleh pengertian yang mendalam mengenai situasi dan makna sesuatu objek atau subjek yang diteliti. Penelitian lebih menekankan proses daripada hasil. Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian terhadap Waka Sarpras di MAN 1 Kudus dan MA NU Banat Kudus tentang ketersediaan media pembelajaran pada MA yang terakreditasi A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Untuk kelengkapan media pembelajaran di MA NU Banat sudah sangat lengkap karena di setiap ruangan seperti di kelas, multimedia, perpustakaan sudah terdapat media pembelajaran yang menunjang KBM seperti proyektor, LCD, computer, internet, buku pegangan dan lainnya. Untuk di MAN 1 Kudus, media pembelajaran di dalam kelas terdapat LCD, proyektor, papan tulis, dan speaker serta petunjuk pemakaian media pembelajaran, contoh: penggunaan LCD dan proyektor. 2.) Dalam masa pandemic seperti ini, MAN 1 Kudus lebih menggunakan media pembelajaran virtual berupa virtual lab, aplikasi scratch, phet, pen tablet, Microsoft white board, ms office one note, google classroom, google meet, zoom meeting, e-learning dari Kemenag, membuat video konten dan lainnya. Untuk aplikasi yang disebutkan, bisa dibuat sendiri atau mengunduh aplikasi di internet. Media pembelajaran di MA NU Banat bervariasi ada yang menggunakan google classroom atau yang disediakan dari Kemenag, e-learning, adayang memakai google meet, zoom meeting, video, atau yang lainnya. Dalam memberikan soal memakai google form atau yang lainnya dan dari MA NU Banat memakai media pembelajaran virtual untuk saat ini, karena masih masa pandemic. 3.) Di Lab IPA terdapat mikroskop, kaca objek, kaca pembesar, preparat awetan, alcohol, bahan kimia lainnya. Selama virtual seperti ini, hanya untuk mengamati jenis tumbuhan disekitar rumah siswa dan mengklasifikasikan ciri-cirinya dan jenis-jenisnya. Lalu dibuat table, difoto dan dikirim di google classroom. Ambil contoh bagian olahraga: ada olahraga basket sudah tersedia bola basket, lapangan, ada olahraga badminton juga tersedia lapangannya, volley juga. Di luar kelas yang lain atau ekstrakulikuler terdapat kaligrafi, rebana, taekwondo, dan karate. Apabila tidak pandemic seperti ini, MAN 1 Kudus mengadakan study lapangan/study tour ke Jawa Barat atau Yogyakarta. Akan tetapi, sudah 2 tahun ini masih pandemic tidak diagendakan dan diganti dengan memakai virtual lab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ketersediaan, media pembelajaran, MA yang terakreditasi A
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:44
Last Modified: 10 Jan 2022 03:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6369

Actions (login required)

View Item View Item