Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja melalui Pembiasaan pada Permainan Edukatif di TK TBS Kudus

Nadiya, Arini (2021) Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja melalui Pembiasaan pada Permainan Edukatif di TK TBS Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (785kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (281kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (505kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB)

Abstract

Era globalisasi menuntut pendidik untuk menanamkan pendidikan karakter islami terutama pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanaman pendididikan karakter islami yang berbasis aswaja dengan metode pembiasaan dalam pembelajaran sehari-hari di TK TBS Kudus, mengetahui faktor pendukung, penghambat serta solusi dalam mengatasi hambatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek peneltian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, serta anak kelas TK B1 dengan rentang usia 5-6 tahun yang berjumlah 19 anak. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, juga dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dan sumber. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah 1) karakter anak memiliki ciri yang tersendiri. Pendidikan karakter pada anak usia dini dapat dilakukan dengan metode pembiasaan. Melalui pembiasaan yang dilakukan sehari-hari anak lebih mudah memahami pembelajaran. Terlebih pembelajaran dilakukan dengan berbagai permainan edukatif yang mampu meningkatkan karakter anak seperti puzzle, kartu, kolase, atau yang lain. 2) Orang tua, tenaga pendidik, lingkungan sekitar menjadi faktor yang mendukung pembelajaran karakter sedangkan mood anak, media massa, waktu menjadi faktor yang menghambat dalam pendidikan karakter. 3) Perlu adanya koordinasi antara orang tua maupun lingkungan sekitar untuk membangun suasana belajar anak yang menyenangkan sehingga pendidikan karakter islami dapat berjalan dengan baik. Metode pembiasaan melalui permainan dinilai cukup aktif dalam menumbuhkan serta meningkatkan karakter islami anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Karakter Islami, Aswaja, Metode Pembiasaan, Permainan Edukatif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:44
Last Modified: 11 Jan 2022 01:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6376

Actions (login required)

View Item View Item