Prasetiyo, Mohammad Hadi (2021) Penafsiran Nawawi Al-Bantani Atas Surat Al-Kahfi Ayat 60-82, Fakultas Ushuluddin Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (506kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (348kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (474kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (591kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (345kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (382kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang konsep pendidikan dalam persepektif Al Qur’an pada Surat Al Kahfi ayat 60-82 menurut Imam Nawawi dalam kitab Tafsir Marah Labid. Pendidikan merupakan salah satu dasar dari berkembangnya manusia untuk tumbuh dan menjalani kehidupan menjadi lebih baik, maka dari itu diperlukan konsep yang baik pula agar berhasil dan berkualitas. Allah SWT telah menurunkan Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman dan petunjuk Umat Islam dalam kehidupan dunia dan akhirat. Q.S. Al Kahfi ayat 60-82 berisi tentang kisah pertemuan Nabi Musa AS dengan Nabi Khidlir. Di dalamnya berisi kandungan hikmah dan faedah yang agung, salah satunya adalah konsep pendidikan. Metode dalam penelitian ini adalah literatur dengan menganalisis ayat didukung dengan sumber primer Tafsir Marah Labid dan sekunder kitab kitab tafsir lain maupun hadist hadist. Hasil penelitian menunjukan kosep pendidikan meliputi sabar, ta’lim, tarbiyah, dan adab/ta’dib. Semuanya terkandung dalam kisah pertemuan Nabi Musa dan Nabi Khidlir berupa kejadian demi kejadian yang luar biasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan, Tafsir Marah Labid, Al Kahfi ayat 60-82 |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Tafsir Al-Qur`an Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Tafsir Al-Qur`an > Ilmu Tafsir |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 01:57 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 01:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6377 |
Actions (login required)
View Item |