Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Muhadharah Kelas Viii Di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022

SETIAWAN, AGUS (2021) Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Muhadharah Kelas Viii Di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (516kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (289kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Pembentukan Karakter Melalui Kegiatan Muhadharah Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso Pecangan Jepara. Hasil penelitian diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan rujukan dalam menerapkan karakter di madrasah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif yang digunakan untuk meneliti secara mendalam dan mendeskripsikan tentang Pembentukan Karakter Melalui Kegiatan Muhadharah Kelas VIII. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif analisis. Subyek dalam penelitian ini berupa Kepala Madrasah, Guru Pembimbing dan Peserta didik kelas VIII. Kemudian sumber data yang digunakan peneliti adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipakai seperti observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pembentukan karakter di MTs Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara melalui kegiatan Muhadharah dapat terbentuk karakter seperti diisiplin, kerja keras, kratif, mandiri dan tanggung jawab. Karakter tersebut dapat terbentuk melalui kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam muhadharah meliputi: membuat tema yang akan di tulis dalam naskah, mengumpulkan naskah yang telah dibuat, menghafal dan memahami isi dari naskah yang telah dibuat, mengawali kegiatan muhadharah dengan membaca basmalah, membaca surah yang telah ditentukan, menyanyikan lagu nasyid, peserta didik berpidato, mendengarkan siswa yang sedang mendapat tugas untuk berorasi dan menutup kegiatan dengan bacaan hamdalah. Terdapat faktor pendukung berupa peran seorang guru yang sangat penting dalam memotivasi kegiatan muhadharah, dan peran dari siswa itu sendiri karena minat siswa cukup besar. faktor penghambat berupa terdapatnya beberapa siswa yang sulit untuk di ajak berpartisipasi dalam kegiatan muhadharah. Kemudian solusi yang diberikan oleh pembimbing kegiatan muhadharah berupa anak yang tidak minat dalam kegiatan ini yaitu dengan memberikan tugas kepada siswa yang ringan saja, yang sekira siswa itu mau untuk mengikuti keiatan muhadharah. Dan jika waktu satu minggu di rasa kurang untuk mempersiapkan semuanya, maka harus di beri tambahan waktu untuk mempersiapkan semuanya dan harus di beri motivasi agar semangat dalm mengikuti kegiatan muhadharah ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, Karakter, Kegiatan Muhadharah
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Syarikah > Mudharabah
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Jan 2022 01:16
Last Modified: 13 Jan 2022 01:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6403

Actions (login required)

View Item View Item