Fitriana, Ima (2021) Pengembangan Modul Berbasis Android Materi Sistem Pencernaan Dengan Pendekatan PBL Pada Siswa SMP/ MTs. Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (193kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (230kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (237kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
Abstract
Pendidikan menjadi fungsi terpenting dalam pengembangan pribadi suatu individu, dalam dunia pendidikan dituntut untuk meningkatkan dan menyempurnakan mutu pendidikan termasuk dengan Ilmu Pengetahuan Alam. Pendidikan disesuaikan dengan pengetahuan dan diharapkan mampu memecahkan masalah yang dialami dalam keseharian suatu makhluk. Pemecahan masalah menjadi salah satu tujuan yang diimplementasikan pada kurikulum 2013. Hal ini dnegan adanya pendidikan diharapkan mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dikehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis android materi sistem pencernaan dengan pendekatan PBL pada tingkatan SMP/MTs. Untuk mengetahui pendapat para ahli terhadap kelayakan pengembangan modul berbasis android, serta untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan peneliti merupakan metode R & D (Research and development) dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan dikembangkan secara sistematis dan berdasarkan landasan teoritis desain pembelajaran. Kelayakan dari pengembangan modul berbasis android di uji cobakan melalui ahli materi dan ahli media. Serta peningkatan kemampuan memecahkan masalah di uji cobakan pada siswa MTs Sultan Agung Sukolilo Pati. Penulis menghasilkan pengembangan modul berbasis android dengan uji coba kelayakan dari ahli media 91% dengan kriteria sangat valid, ahli materi 88,4% dengan kriteria sangat valid. Dengan peningkatan uji coba N-Gain dari kemampuan memecahkan masalah dari kelas eksperimen rata-rata 78.8436 dan kelas kontrol rata-rata 45.8091
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Berbasis Android, PBL, Sistem Pencernaan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 02:18 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 02:18 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6418 |
Actions (login required)
View Item |