SYOFIK, AKHMAT NOOR (2017) PENILAIAN KELAS DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs. N 02 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Daftar isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penilaian kelas merupakan sebuah penilaian yang di gunakan di dalam kelas. Penilaian kelas itu banyak macamnya, seperti penilaian formatif sumatif, tes dan non tes. Penilaian kelas juga di gunakan untuk mengumpulkan data berupa nilai untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagaimana tujuan pendidikan sudah tercapai. Sehingga seorang pendidik dapat mengetahui tercapai tidaknya kompetensi dasar yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) penilaian kelas apa yang digunakan dalam mata pelajaran fiqih di MTs N 02 Kudus tahun pelajaran 2016/2017, (2) faktor-faktor yang menghambat dan mendukung penilaian kelas dalam mata pelajaran fiqih di MTs N 02 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Adapun Subjek Penelitian adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru fiqih dan peserta didik kelas VII. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) penilaian kelas yang digunakan di MTs. N 02 Kudus dalam mata pelajaran fiqih yaitu penilaian kelas berupa formatif sumatif, selain menggunakan formatif sumatif di MTs. N 02 Kudus Juga menggunakan penilaian kelas beruapa teknik tes, teknik tes yang digunakan adalah tes tertulis, tes lisan dan praktik, (2) faktor-faktor yang menghambat dan mendukung penilaian kelas di MTs N 02 Kudus yaitu terletak pada guru dan peserta didik, faktor pendukung pada guru yaitu guru sudah mengusai semua penilaian kelas yang ada dan faktor penghambatnya adalah guru kurang mengetahui penilaian kelas apa yang cocok untuk diterapkan dikelas tersebut, dikarenakan disetiap kelas eserta didiknya mempunyai kemampuan berfikir yang berbeda-beda sedangkan faktor pendukung pada peserta didik adalah peserta didik mampu mengikuti semua kegiatan penilaian kelas yang dilakukan oleh guru dan faktor penghambatnya adalah peserta didik tidak tahu menahu ketika hendak diadakan sebuah penilaian kelas dan terkadang peserta didik juga malas belajar ketika ada pemberitahuan akan diadakannya sebuah penilaian kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Kelas |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Feb 2017 04:05 |
Last Modified: | 18 Feb 2017 04:05 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/643 |
Actions (login required)
View Item |