Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mandiri Peserta Didik di Era Pandemi

Fatimah, Kurnia Octi (2021) Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mandiri Peserta Didik di Era Pandemi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (633kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (323kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Pandemi virus corona mengakibatkan proses pembelajaran di Indonesia berubah menjadi proses pembelajaran daring (online). Hal tersebut membuat motivasi belajar mandiri peserta didik menjadi rendah dikarenakan kurangnya semangat, kurang fokus peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring, serta kurangnya pengawasan secara langsung dari guru maupun orang tua dalam memantau peserta didik selama pembelajaran daring. Pemanfaatan teknologi seperti e-Modul berbasis android menjadi salah satu upaya untuk membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran menjadi lebih efektif. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk melalui validasi materi, media, dan guru, respon peserta didik terhadap produk. Serta, untuk mengetahui tingkat motivasi belajar mandiri peserta didik sesudah menggunakan e-Modul berbasis android pada materi sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D direduksi menjadi 3D dengan menghilangkan tahap disseminate (penyebaran). Data yang diperoleh akan dianalisis dengan deskriptif persentase dan data kualitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa e-Modul berbasis android pada materi sistem pernapasan manusia yang layak untuk digunakan dengan perolehan penilaian dari validator ahli materi sebesar 53%, validator ahli media sebesar 70% dan validator guru IPA memperoleh penilaian sebesar 58%. Kemudian pada respon peserta didik terhadap e-Modul berbasis android diperoleh nilai sebesar 55% dengan kategori baik dan peningkatan motivasi belajar mandiri peserta didik menunjukkan peningkatan sebesar 9% dari 40% meningkat menjadi 49%. Hasil perhitungan menggunakan gain-score menunjukkan angka sebesar 0,45 sehingga e-Modul berbasis android pada materi sistem pernapasan manusia dapat meningkatkan motivasi belajar mandiri peserta didik di era pandemi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul berbasis android, Sistem Pernapasan Manusia, Motivasi Belajar Mandiri
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:16
Last Modified: 17 Jan 2022 03:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6451

Actions (login required)

View Item View Item