Rohmah, Umi Nor (2021) Upaya Guru BK Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Dalam Menaati Tata Tertib Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di MA Walisongo Kayen Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (215kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (311kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (547kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (328kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (582kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (222kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah: (1) Untuk menggambarkan bentuk kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana upaya yang dilakukan guru BK mendisiplinkan peserta didik dalam menaati tata tertib melalui layanan bimbingan kelompok di MA Walisongo Kayen Pati. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan bimbingan kelompok untuk mendisiplinkan peserta didik yang melanggar tata tertib di MA Walisongo Kayen Pati. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MA Walisongo Kayen Pati. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK, Kepala Sekolah, Walikelas dan Peserta didik kelas XI MIPA, pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari analisis data yang diperoleh penulis sebagai berikut: Pertama, hasil penelitian menunjukkan gambaran dari pelanggaran peserta didik dalam menaati tata tertib adalah tentang pelanggaran kedisiplinan. Kedua, mengenai deskripsi bagaimana upaya yang dilakukan guru BK mendisiplinkan pseserta didik dalam menaati tata tertib melalui layanan bimbingan kelompok adalah dengan memberikan teguran, kemudian diberikan sanksi dan pemberian layanan bimbingan kelompok. Ketiga, mengenai faktor penghambat dalam Upaya guru BK Meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib melalui layanan bimbingan kelompok di MA Walisongo Kayen Pati adalah kurangnya pemahaman peserta didik tentang tata tertib, dan kurangnya jam pelajaran dalam proses bimbingan kelompok. Sedangkan faktor pendukung dalam Upaya guru BK meningkatkan kedisiplinan peserta didik menaati tata tertib melalui layanan bimbingan kelompok di MA Walisongo Kayen Pati adalah adanya kesadaran dari peserta didik, dukungan yang kuat dari walikelas dan orangtua, sarana dan prasarana yang menunjang, serta diberikan materi yang menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan, Bimbingan Kelompok, Pelanggaran Tata Tertib |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:46 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6454 |
Actions (login required)
View Item |