Astutik, Ayu (2021) Optimalisasi Penggunaan Aplikasi WhatsApp dalam Proses Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VI di MI NU Miftahut Tholibin. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (317kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (528kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (197kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (439kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (151kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
Abstract
Kebijakan pemerintah dalam melakukan pembatasan interaksi antar manusia sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Pendidikan yang biasanya dilakukan dengan pembelajaran tatap muka, dipaksa berhenti virus Covid-19. Pembelajaran daring memiliki peran penting di tengah pandemi virus Covid-19 ini. Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi ini dapat menjadi pilihan bahkan kewajiban bagi semua lembaga madrasah untuk mengurangi intensitas kerumunan yang semaki meningkat. Kurangnya kreatifitas guru dalam memanfaatkan teknologi aplikasi komunikasi dan informasi inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi semua pendidik untuk lebih inovatif dan bijak lagi dalam memanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penggunaan aplikasi WhatsApp dalam proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Fiqih kelas VI di MI NU Miftahut Tholibin, 2) langkah yang dilakukan guru dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi WhatsApp pada proses pembelajaran daring mata pelajaran Fiqih kelas VI di MI NU Miftahut Tholibin, 3) faktor pendukung dan penghambat dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi WhatsApp dalam proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Fiqih kelas VI di MI NU Miftahut Tholibin. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, penggunaan aplikasi WhatsApp dalam proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Fiqih kelas VI yaitu dengan guru memberikan salam dan sapaan kepada peserta didik, kemudian guru menyampaikan tujuan pembelajaran, selanjutnya guru memberikan materi dan video menarik mengenai materi dalam pembelajaran, setelah itu guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk dikerjakan dan dikirimkan ke guru melalui japri sebelum batas akhir penugasan selesai. Kedua, langkah yang dilakukan guru dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi WhatsApp pada proses pembelajaran daring mata pelajaran Fiqih kelas VI yaitu dengan menerapkan beberapa tahapan. Tahapan pertama yaitu, guru membuat RPP daring (RPP khusus). Tahapan kedua yaitu proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Fiqih yang dilakukan secara daring melalui aplikasi WhatsApp. Tahapan ketiga yaitu evaluasi dengan guru memberikan tugas kepada peserta didik. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi WhatsApp dalam proses pembelajaran daring pada mata pelajaran Fiqih kelas VI yaitu adanya tenaga pendidik yang profesional, akses internet yang baik, absensi setiap pada mata pelajaran Fiqih yaitu kurangnya akses internet, tidak diizinkan orang tua mempunyai Handphone, peserta didiksering mendahulukan bermain Handphone dan Game.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembejaran daring, WhatsApp, Pembelajaran Fiqih. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 03:15 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 03:15 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6473 |
Actions (login required)
View Item |