Pengaruh Media Komik Digital terhadapat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia kelas XI MA Zumrotul Wildan Jepara Tahun Ajaran 2020/2021

Fauzia, Fara El Alfa (2021) Pengaruh Media Komik Digital terhadapat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia kelas XI MA Zumrotul Wildan Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (960kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: a) mengetahui bagaimana penggunaan media komik digital, b) mengetahui bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran komik digital, c) mengetahui pengaruh media komik digital terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan setting penelitian one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Uji hipotesis yang digunakan yaitu Wilcoxon Signed Rank Test dikarenakan teknik pengambilan sampel data secara purposive sampling, sehingga tidak memenuhi salah satu syarat pengujian menggunakan statistik parametrik. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu: 1) peggunaan media pembelajaran komik digital dikatakan baik karena pada indikator 1 sebanyak 11% siswa memberikan respon sangat baik, dan 89% siswa memberikan respon baik, pada indikator 2 sebanyak 19% siswa memberikan respon sangat baik, dan 81% siswa memberikan respon baik, 2) keterampilan awal berpikir kritis siswa sebelum menggunakan media komik digital didapat presentase sebesar 26% siswa cukup kritis, dan 74% siswa kurang kritis, setelah menggunakan media komik digital didapatkan hasil keterampilan berpikir kritis dengan presentase 37% siswa sangat kritis, dan 63% siswa kritis, 3) uji hipotesis didapatkan hasil nilai probabilitas (Asymsig.Sig) 0,000 < 0,005, maka H0 ditolak, dan Ha diterima, disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara media komik digital dengan keterampilan berpikir kritis siswa, dengan nilai N-Gain sebesar 0,62 (sedang).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Komik Digital, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, Sistem Reproduksi Manusia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:00
Last Modified: 18 Jan 2022 04:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6478

Actions (login required)

View Item View Item