Harir, Muhammad (2015) KONSEP FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (PERSPEKTIF SAYYID MUHAMMAD AL-NAQUIB AL-ATTAS DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1 COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. KP.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (421kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (30kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (105kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (21kB) |
|
Text
9. DP.pdf Download (21kB) |
Abstract
Pendidikan Islam dalam teori dan praktir selalu mengalami perkembangan, salah satunya adalah istilah pendidikan Islam, istilah ta'dib dan tarbiyah adalah istilah yang dikonsepkan Muhammad Al-Naquib Al-Attas dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Mengenai istilah Pendidikan Islam yang dikonsepkan Sayyid Muhammad Al-Naquib Al- Attas dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. 2). Tujuan Pendidikan Islam Muhammad Al-Naquib al-Attas dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. 3). Komparasi istilah pendidikan Islam Muhammad Al-Naquib Al-Attas dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. Peneliti menggunakan jenis penelitian dekriptif komparatif dan metode penelitian kualitatif. Komparatif ini menggunakan logika perbandingan. Melalui komparasi pendidikan Islam tentang konsep Filsafat Pendidikan Islam Sayyid Muhammad Al-Naquib Al-Attas dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi sebagai fokus kajian penelitian ini dibandingkan,Metode kualitaif untuk menentukan cara mencari, mengumpilkan, mengolah dan menganalisis data hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian sebagai berikut: 1). Istilah dari pendidikan Islam, perbedaannya hanya terletak pada kata ta'dib dan tarbiyah, arti dari ta'dib adalah mempunyai arti yang lebih luas karena sudah mencakup unsur-unsur pengetahuan dan pengajaran dan istilah ta'dib tertuju pada manusia saja, sedangkan istilah tarbiyah yang artinya mengasuh, memelihara, membuat, menjadikan, membesarkan, dan tarbiyah mempunya arti yang umum, istilah tersebut meluas kepada spesies-spesies lain untuk mineral, tanaman, dan hewan, padahal pendidikan dalam arti Islam adalah suatu yang khusus pada manusia saja. 2). Tujuan pendidikan Islam Muhammad Al-Naquib Al-Attas adalah menanamkan kebaikan dalam diri manusia sebagai manusia dan sebagai diri individual, tujuan pendidikan Islam Muhammad Athiyah Al-Abrasyi adalah pembentukan moral yang tinggi dan pendidikan budi pekerti. 3). Komparasi pendidikan Islam Muhammad Al-Naquib Al-Attas dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi adalah istilah ta'dib dan tarbiyah, yang mempunyai arti yang berbeda namun juga mempunyai tujuan yang sama yaitu menjadikan manusia yang sempurna dan bermanfaat di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; Ta'dib; Tarbiyah |
Subjects: | Islam (Umum) > Islam dan Filsafat Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Filsafat Islam Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Feb 2017 04:27 |
Last Modified: | 18 Feb 2017 04:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/650 |
Actions (login required)
View Item |