Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Menurut K.H.Abdurrahman Wahid Analisis Buku “Gus Dur Dan Pendidikan Islam Karya Faisol”

Asih, Puji (2021) Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Menurut K.H.Abdurrahman Wahid Analisis Buku “Gus Dur Dan Pendidikan Islam Karya Faisol”. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (574kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (499kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (620kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (761kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (800kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (358kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini adalah studi pustaka, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pemikiran Pendidikan Islam K.H.Abdurrahman Wahid dalam buku “Gus Dur dan Pendidikan Islam” serta bagaimana relevansi konsep pemikiran Pendidikan Islam K.H.Abdurrahman Wahid dalam buku “Gus Dur dan pendidikan Islam” dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (Library Research) yaitu salah satu penelitian kualitatif dengan mempelajari literatur yang memiliki kaitan erat dengan permasalahan yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah buku “Gus Dur dan Pendidikan Islam” karya Faisol. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis) yaitu suatu teknik penelitian yang digunakan untuk membuat simpulan yang dapat diteliti ulang berdasarkan fakta dengan memperlihatkan konteksnya.. Peneliti berhasil memperoleh beberapa penemuan yaitu Pertama, K.H. Abdur-rahman Wahid menyatakan pendidikan Islam berkaitan dengan pesantren sebagai institusi pendidikan Islam yang menjaga resistensi moral dan budaya intelektual Islam tradisional. Tujuan pendidikan Islam menurut K.H. Abdurrahman Wahid adalah untuk memanusiakan manusia dengan konsep Neomodernisme, Pembebasan, Multikulturalisme. K.H. Abdurrahman Wahid menjelaskan konsep kurikulum pendidikan Islam perlu dipadukan dengan sisi kehidupan yaitu: pembentuk kepribadian Islami, pembentukan budaya Islami, ilmu kehidupan. K.H. Abdurrahman Wahid mengharuskan metodologi pendidikan Islam didasarkan pandangan bahwa setiap manusia memiliki potensi bawaan, kemudian strategi pendidikan Islam K.H.Abdurrahman Wahid adalah strategi politik, strategi kultural, dan strategi sosio-kultural. Kedua, Terdapat 3 relevansi konsep pemikiran Pendidikan Islam K.H.Abdurrahman Wahid dalam buku “Gus Dur dan pendidikan Islam” karya Faisol dengan Pendidikan Islam yang ada di Indonesia yaitu: Konsep tujuan pendidikan islam di Indonesia, Konsep kurikulum pendidikan Islam di Indonesia, Konsep metodologi pendidikan Islam dan strategi pendidikan Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, K.H.Abdurrahman Wahid, Buku “Gus Dur Dan Pendidikan Islam Karya Faisol”
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:09
Last Modified: 19 Jan 2022 03:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6500

Actions (login required)

View Item View Item