Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di MTs. Matholi’ul Ulum Terteg Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2020/2021

Shofiatun, Siti (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di MTs. Matholi’ul Ulum Terteg Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Judul - Kata Pengantar.pdf

Download (942kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (313kB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (310kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (647kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (354kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1). peran guru PAI dalam membina akhlakul karimah peserta didik di MTs. Matholi’ul Ulum Terteg Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2020/2021, 2). akhlakul karimah peserta didik di MTs. Matholi’ul Ulum Terteg Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2020/2021, 3). faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam membina akhlakul karimah peserta didik di MTs. Matholi’ul Ulum Terteg Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau yang biasa disebut field research dimana peneliti menjadi instrumen utama dalam melaksanakan penelitian. Peneliti melakukan pengamatan secara langsung mengenai Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di MTs. Matholi’ul Ulum Terteg Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam, dan siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran guru pendidikan agama islam dalam membina akhlak peserta didik sudah dikategorikan baik dan terencana dalam pelaksanaanya. Hal ini terlihat dari upaya-upaya serta metode-metode yang dilakukan guru untuk para peserta didik agar memiliki akhlak yang baik. Adapun upaya yang dilakukan guru PAI dalam membina akhlak peserta didik yaitu, menyuruh peserta didik untuk membaca do’a sebelum dan sesudah pembelajaran, mengecek kerapian, kebersihan, kedisiplinan serta selalu berusaha untuk mengaitkan topik materi yang sedang dibahas kemudian dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari agar menumbuhkan akhlak yang baik. Sedangkan metode yang yang digunakan guru PAI dalam membina akhlak yaitu, metode ceramah yang di dalamnya berisi nasehat seperti menyuruh peserta didik untuk selalu menjaga sikap atau prilakunya. Kedua metode pembiasaan, seperti di biasakan untuk melakukan shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah, dan yang ketiga metode keteladanan seperti datang tepat waktu, berpakaian rapi, menjaga kedisiplinan, tanggung jawab, jujur, membuang sampah pada tempatnya, dan menjaga perbuatan maupun tingkah laku. 2) Akhlak peserta didik di MTs. Matholi’ul Ulum sebagian besar sudah cukup baik meskipun masih ada akhlak yang kurang baik. 3) Faktor pendukung dalam membina akhlak peserta didik yaitu: Adanya pendidik serta keteladanan dari guru, tata tertib, dan dukungan orang tua. Faktor penghambatnya yaitu: Lingkungan keluarga, kurangnya fasilitas yang memadai dalam pembinaan akhlak, siswa sulit dinasihati, pengaruh teman sebaya dan sosial media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Membina Akhlakul Karimah
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:52
Last Modified: 20 Jan 2022 02:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6509

Actions (login required)

View Item View Item