Analisis Strategi UMKM Sunan Muria Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19

Ni’amah, Afita Rochimatun (2021) Analisis Strategi UMKM Sunan Muria Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (510kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (429kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (483kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (262kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak pandemi Covid-19 pada UMKM Wisata Religi Sunan Muria, sehingga dapat diketahui dampak apa saja yang dialami oleh pelaku usaha di sekitar wisata religi Sunan Muria. Pentingnya penelitian ini dilakukan untuk bahwa sebagian besar masyarakat di desa Colo, bermata pencaharian sebagai pelaku usaha di kawasan wisata religi Sunan Muria. Namun, adanya pandemi Covid-19 berdampak pada banyak sektor. Pelaku UMKM Wisata Religi Sunan Muria ini salah satunya. Maka dari itu perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), dengan menggunakan analisis deskriptif. Data penelitian ini merupakan jenis data primer dan sumber yanfg diperoleh melalui wawancara dari informan yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Narasumber penelitian ini adalah: Pelaku UMKM Wisata Religi Sunan Muria, Pengelola Pedagang Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria, dan Kepala Desa Colo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dampak Covid-19 terhadap UMKM Wisata Religi Sunan Muria mengalami penurunan pendapatan, 2) Pemerintah dan pengelola pedagang Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria berperan membantu pelaku UMKM dengan memberikan bantuan sosial, 3) Pelaku UMKM dapat beralih pada penjualan online, dapat menambah usaha sampingan, meningkatkan inovasi produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, UMKM, Strategi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:30
Last Modified: 25 Jan 2022 04:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6541

Actions (login required)

View Item View Item