Persepsi Gamers Tentang Transaksi Virtual Property Game Online Di Pare Media Shop Serta Kedudukan Hukumnya Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Amanda, Shela Maria (2021) Persepsi Gamers Tentang Transaksi Virtual Property Game Online Di Pare Media Shop Serta Kedudukan Hukumnya Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BABV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Stigma yang mengakar di masyarakat khususnya di daerah Blitar beranggapan bahwa semua bisnis virtual property game online memiliki sistem transaksi yang sama yaitu menjual produk-produk game online yang berasal dari perbuatan hacking (peretasan). Transaksi virtual property game online termasuk ke dalam jenis transaksi elektronik yang menggunakan akad salam. Namun, di dalam Islam game online merupakan jenis produk virtual yang belum memiliki hukum pasti tentang halal dan haramnya. Jadi, transaksi game online di Pare Media perlu ditinjau apakah sudah memenuhi syarat dan rukun jual beli yang menggunakan akad salam atau belum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem transaksi virtual property game online di Pare Media, untuk menganalisis persepsi gamers tentang transaksi virtual property game online di Pare Media dan dan untuk menganalisis transaksi virtual property game online di Pare Media menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data di reduksi dan dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, pertama, sistem operasional transaksi virtual property game online di Pare Media yaitu dapat dilakukan melalui marketplace Itemku, G2G, atau WhatsApp. Gamers dapat melakukan transaksi dengan cara melihat terlebih dahulu stok akun-akun yang ada di salah satu marketplace tersebut, kemudian setelah mereka menemukan akun yang akan dibeli, proses transaksi beralih ke WhatsApp. Sistem pembayaran dapat menggunakan transfer ke rekening Pare Media. Selanjutnya, Penyerahan akun game online kepada pembeli dilakukan dengan cara memberikan email serta password akun via chatting tersebut. Kedua, persepsi gamers tentang transaksi virtual property game online di Pare Media dibagi menjadi dua yaitu, (1) persepsi gamers dalam memilih melakukan transaksi di Pare Media terbentuk melalui proses seleksi (selection), organisasi (organization) dan Interpretasi (interpretation) terhadap stimulus yang mereka rasakan yang disertai faktor lain berupa motivasi. (2) persepsi gamers terhadap produk dan pelayanan pada transaksi virtual property game online di Pare Media dinilai dari persepsi terhadap merek, persepsi terhadap toko dan persepsi terhadap korporasi. Secara umum, persepsi gamers menunjukkan kepuasan dan citra yang positif terhadap transaksi virtual property game online di Pare Media. Ketiga, transaksi virtual property game online di Pare Media memiliki dua hukum yaitu mubah dan haram yang ditinjau berdasarkan perspektif ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: persepsi gamers, transaksi virtual property, game online, akad salam.
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:26
Last Modified: 26 Jan 2022 01:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6547

Actions (login required)

View Item View Item