Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Video Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Salat Jamak dan Qasar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Di MI Mansyaul Huda Sendangrejo Pati Tahun Pelajaran 2021/2022

Munawwaroh, Navisatul (2021) Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Video Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Salat Jamak dan Qasar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Di MI Mansyaul Huda Sendangrejo Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (527kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (798kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (520kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (928kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Video Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Salat Jamak dan Qasar di MI Mansyaul Huda Sendangrejo Pati Tahun Pelajaran 2021/2022, (2) Untuk mengetahui seberapa tingkat hasil belajar Siswa di MI Mansyaul Huda Sendangrejo Pati Tahun Pelajaran 2021/2022, (3) Untuk mengetahui tingkat pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Video Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Salat Jamak dan Qasar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 di MI Mansyaul Huda Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experiment design tipe One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas 3 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Analisis penelitian ini menggunakan analisis statistik yaitu paired sample t test. Instrumen yang digunakan dalam pengukuran hasil belajar adalah soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode demonstrasi berbantuan media video kelas 3 MI Mansyaul Huda desa Sendangrejo Pati dilaksanakan dengan pendahuluan salam, doa, materi yang akan diajarkan dan tujuan pembelajaran, serta siswa diberi soal pretest, dilanjutkan kegiataan inti siswa melihat dan mendengarkan video pembelajaran serta penjelasan dari guru, kemudian pada kegiatan penutup siswa di beri soal posttes setelah pembelajaran selesai dilaksanakan. (2) Hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran Fikih materi salat jamak qasar sebelum penerapan metode demonstrasi berbantuan media video di MI Mansyaul Huda Sendangrejo Pati tahun pelajaran 2020/2021 dikategorikan sangat baik. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dengan adanya penerapan metode demonstrasi berbantuan media video pada mata pelajaran Fikih materi salat jamak qasar siswa kelas 3 di MI Mansyaul Huda Sendangrejo Pati tahun pelajaran 2020/2021. Nilai signifikansi perhitungan SPSS paired sample t test adalah 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motode Pembelajaran, Demonstrasi, Media Video, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:38
Last Modified: 26 Jan 2022 01:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6550

Actions (login required)

View Item View Item