Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa di MA Tasymirusy Syubban Tedunan Kedung Jepara

Sari, Elma (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa di MA Tasymirusy Syubban Tedunan Kedung Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (11MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (709kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (455kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akhlak siswa di MA Tasymirusy Syubban, peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di MA Tasymirusy Syubban, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak di MA Tasymirusy Syubban. Secara khusus untuk mengetahui pembinaan akhlak mahmudah yang dilakukan oleh guru PAI di MA Tasymirusy Syubban Tedunan terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus merupakan penelitian yang dilakukan agar peneliti memperoleh pengertian yang mendalam mengenai situasi dan makna suatu objek atau subjek peneliti. Penelitian lebih menekankan proses dari pada hasil. Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian terhadap kepala sekolah, guru BK, dan guru PAI, dan tiga orang siswa perwakilan dari kelas X, XII dan XII. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini menggunakan tiga teknik analisis data dalam penelitian, yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verification atau penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan uji kreadibility yang meliputi; perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam di MA Tasymirusy Syubban sudah berperan aktif dalam melakukan pembinaan akhlak terhadap siswa. Hal ini terlihat dari metode-metode yang dilakukan guru yaitu dengan melakukan keteladanan, teguran, pembiasaan, berpakaian Islami, sopan, jadi pemimpin, serta memberi arahan dan motivasi kepada siswa untuk melakukan kewajibannya sebagai insan kamil. Akhlak siswa di MA Tasymirusy Syubban dikategorikan cukup baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran guru pendidikan agama Islam, membina akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:47
Last Modified: 26 Jan 2022 01:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6551

Actions (login required)

View Item View Item