Dampak Bermain Game Online Terhadap Sikap Sosial Siswa (Studi Kasus Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Jepara, Kabupaten Jepara)

Nugroho, Riski Muhammad (2021) Dampak Bermain Game Online Terhadap Sikap Sosial Siswa (Studi Kasus Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Jepara, Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (369kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (777kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (569kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (519kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (672kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (578kB)

Abstract

Game (permainan) pada dasarnya adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh seseorang untuk mengisi waktu luang dan hiburan disaat kondisi seseorang itu mulai jenuh. Kemajuan yang pesat dibidang ilmu Teknologi menjadi segala sesuatu yang dulu dilakukan secara langsung, sekarang bisa diakses melalui via online. Tak terkecuali game online, yang dulu permainan hanya bisa dimainkan melalui PC (personal komputer) sekarang bisa diakses melalui smartphone dengan seiring kemajuan teknologi. Game online ini dapat dimainkan oleh semua kalangan, baik itu anak-anak, remaja amupun orang dewasa. Tentunya setiap perihal apapun pasti memberikan sebuah dampak, termasuk game online ini yang bisa memberikan dampak postif maupun negatif. Tak terkecuali game online ini memberikan dampak terhadap sikap sosial seseorang yang memainkannya. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui sikap sosial pemain game online siswa-siswi di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Jepara. 2) Untuk mengetahui dampak bermain game online terhadap sikap sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengambilan data menggunakan cara interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: game online memberikan dampak positif dan negatif bagi para siswa yang memainkannya terhadap sikap sosial. Adapun dampak positif bagi siswa adalah menambah pergaulan, dapat mengerti makna bahasa asing meskipun tidak mengerti artinya, dan yang terpenting adalah dalam hal kerja sama. Kemudian dampak negatifnya adalah, terhadap sikap disiplin dan tanggung jawab sebagai siswa baik disekolah maupun dirumah, sikap sosial kepedulian antar sesama dan lingkungan serta terhadap sikap sopan santun dari siswa. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu ekternal dan internal. Faktor eksternal meliputi teman bermain dan lingkungan tempat bermain siswa. Faktor internal meliputi waktu luang dan longgarnya pengawasan dalam keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: game online, dampak, sikap sosial
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
300 Ilmu-Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:50
Last Modified: 27 Jan 2022 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6569

Actions (login required)

View Item View Item