Peran Pendampingan Orang Tua dalam Pelaksanaan Sekolah Online terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Negeri 1 Pati

Hidayat, Wahyu Nur (2021) Peran Pendampingan Orang Tua dalam Pelaksanaan Sekolah Online terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Negeri 1 Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (617kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (82kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (357kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan sekolah online kelas VII di MTs Negeri 1 Pati. Untuk mengetahui kendala dan solusi pendampingan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online terhadap prestasi belajar siswa. Untuk mengetahui peran pendampingan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Negeri 1 Pati. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan (field research). Subyek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran kelas 7 dan peserta didik kelas 7 di MTs Negeri 1 Pati. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sekolah online kelas VII di MTs Negeri 1 Pati dilakukan dengan beragam, yang terdiri dari penggunaan grup WA untuk mengirimkan tugas yang wajib dikerjakan oleh siswa, selain itu di setiap minggu nya guru mengadakan pertemuan via zoom, untuk melaksanakan doa bersama, yang berupa hafalan, asmaul husna dan lainnya. Pelaksanaan sekolah online dilakukan dengan pemadatan jadwal pelajaran, dimana jika dalam 1 minggu terdapat 2 jam pelajaran, maka dalam sekolah online dilakukan 1 jam pelajaran saja, namun untuk pengerjaan tugas, diberikan waktu 1x24 jam bagi siswa untuk mengirimkan tugasnya. Kendala pendampingan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Negeri 1 Pati yaitu kurang pahamnya orang tua mengenai materi yang diajarkan di sekolah. Kendala selanjutnya yaitu kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar anak, karena kondisi di rumah pasti banyak godaannya, mulai dari ajakan bermain dari teman, hingga bermain game di handphone. Peran pendampingan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Negeri 1 Pati yaitu sebagai motivator, orang tua bertugas memberikan motivasi kepada anaknya untuk rajin belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Peran lainnya yaitu sebagai pembimbing, orang tua selalu menanyakan dan memberikan bimbingan jika ada tugas yang sulit di kelas online. orang tua memberikan nasehat kepada anak agar belajar dengan rajin dan seksama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Pendampingan Orang Tua, Pelaksanaan Sekolah Online
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:13
Last Modified: 27 Jan 2022 03:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6573

Actions (login required)

View Item View Item