Aini, Nurul (2021) Implementasi Nature Roaming Approach Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pembelajaran IPA Terpadu Kelas Vl MI Al-Khurriyah 01. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (345kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (531kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (585kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (394kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (477kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (273kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Mendeskripsikan Bagaimana Implementasi Nature Roaming Approach untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu kelas VI di MI Al-Khurriyyah 01. 2) Mendeskripsikan Kelebihan Implementasi Nature Roaming Approach dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu kelas VI di MI Al-Khurriyyah 01. 3) Mendeskripsikan Kekurangan Implementasi Nature Roaming Approach dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu kelas VI di MI Al-Khurriyyah 01. Penelitian dengan Tema Implementasi Nature Roaming Approach Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pembelajaran IPA Terpadu ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Setelah seluruh data terkumpul, hasil penelitian yang diperoleh peneliti antara lain: 1) Pendekatan Nature Roaming Approach siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menjadikan lingkungan sebagai objek langsung untuk mata pelajaran Ilmu pengetahuan Alam Terpadu. Nature Roaming Approach terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu. Pernyataan ini dapat dibuktikan dengan adanya data peningkatan nilai setelah menggunakan pendekatan Nature Roaming Approach. Setelah melakukan proses pembelajaran selama dua minggu pelajaran dan telah mengikuti penilaian akhir tema dengan materi yang sama, hasil belajar siswa dapat mengalami kenaikan sesuai dengan data yang telah dilampirkan. Yang pada mulanya hanya mendapatkan nilai 75, pada penilaian selanjutnya dengan menggunakan Nature Roaming Approach dapat mendapatkan nilai 80. 2) Dalam Implementasinya, Nature Roaming Approach memiliki empat kelebihan antara lain menciptakan suasana belajar yang baru bagi siswa, meningkatkan sikap kerjasama antar siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan nilai hasil belajar siswa. 3) Selain kelebihan diatas, Nature Roaming Approach juga memiliki beberapa kekurangan dalam pengimplementasiannya. Kekurangan dari pendekatan ini antara lain berkurangnya konsentrasi siswa. Namun kekurangan pada Nature Roaming Approach ini dapat diatasi dengan adanya kontrak belajar pada siswa, serta teknik penguasaan kelas yang bagus bagi guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nature Roaming Approach, Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 03:25 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 03:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6577 |
Actions (login required)
View Item |