Sari, Reni Novita (2021) Impelemntasi nilai-nilai kearifan lokal masyarakat desa Jrahi Gunungwungkal sebagai sumber pembelajaran IPS. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (363kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (365kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (511kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (600kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (521kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (706kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (371kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (489kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat desa Jrahi, untuk mengetahui cara Impelemntasi nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran IPS, serta bagaimana manfaat dari penerapan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran IPS bagi siswa. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Subyek penelitian masyarakat desa Jrahi Gunungwungkal, guru dan siswa di MTs. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan hasil penelitian di lapangan. Hasil penelitian ini menjunjukan bahwa: (1) ada beberapa kearifan lokal yang ada di desa Jrahi yang dapat dijadikan pembelajaran seperti: sedekah bumi, Ngalungi sapi, Barikan dan dawuhan. Dari kearifan lokal tersebut di ambil nilai-nilai yang dapat dijadikan suatu pembelajaran yaitu nilai Religi, nilai toleransi, nilai kerukunan, nilai gotong royong dan nilai bersyukur. (2) penerapan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat desa Jrahi di terapkan dalam pembelajaran IPS kelas VII di MTs Towalib pesagen. Dalam penerapan sendiri dibagi menjadi tiga tahapan yaitu: Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan berisikan mengenai perumusan indikator, menentukan Kompetensi dasar, mengembangkan kompetensi dasar, mengembangkan materi ajar, membuat Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), membuat kisi-kisi soal dan membuat latihan soal. Dalam pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan mengambarkan gambaran mengenai nilai-nilai kearifan lokal desa Jrahi yang dimasukan dalam pembelajaran Interaksi sosial di kelas VII. Yang terakhir yaitu Evaluasi, dalam evaluasi ini menggunakan tiga tahapan yaitu Aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek Psikomotorik. (3) manfaat dari penerapan nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran sendiri siswa dapat mengetahui dan membantu mengembangkan kearifan lokal yang ada di sekitarnya, siswa memiliki pedoman pengetahuan yang baru di lingkunganya, meningkatkan kreativitas siwa dalam pembelajaran, membantu siswa untuk brfikir lebih Kritis, dengan adanya pembelajaran tersebut membuat siswa dapat mengamati dan bereksperimen di lingunganya untuk lebih mengenal kearifan lokal yang ada di sekitarnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kearifan lokal, pembelajaran IPS |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 03:30 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 03:30 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6578 |
Actions (login required)
View Item |