Impelemntasi nilai-nilai kearifan lokal masyarakat desa Jrahi Gunungwungkal sebagai sumber pembelajaran IPS

Sari, Reni Novita (2021) Impelemntasi nilai-nilai kearifan lokal masyarakat desa Jrahi Gunungwungkal sebagai sumber pembelajaran IPS. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (600kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (706kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (371kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat desa Jrahi, untuk mengetahui cara Impelemntasi nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran IPS, serta bagaimana manfaat dari penerapan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran IPS bagi siswa. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Subyek penelitian masyarakat desa Jrahi Gunungwungkal, guru dan siswa di MTs. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan hasil penelitian di lapangan. Hasil penelitian ini menjunjukan bahwa: (1) ada beberapa kearifan lokal yang ada di desa Jrahi yang dapat dijadikan pembelajaran seperti: sedekah bumi, Ngalungi sapi, Barikan dan dawuhan. Dari kearifan lokal tersebut di ambil nilai-nilai yang dapat dijadikan suatu pembelajaran yaitu nilai Religi, nilai toleransi, nilai kerukunan, nilai gotong royong dan nilai bersyukur. (2) penerapan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat desa Jrahi di terapkan dalam pembelajaran IPS kelas VII di MTs Towalib pesagen. Dalam penerapan sendiri dibagi menjadi tiga tahapan yaitu: Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan berisikan mengenai perumusan indikator, menentukan Kompetensi dasar, mengembangkan kompetensi dasar, mengembangkan materi ajar, membuat Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), membuat kisi-kisi soal dan membuat latihan soal. Dalam pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan mengambarkan gambaran mengenai nilai-nilai kearifan lokal desa Jrahi yang dimasukan dalam pembelajaran Interaksi sosial di kelas VII. Yang terakhir yaitu Evaluasi, dalam evaluasi ini menggunakan tiga tahapan yaitu Aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek Psikomotorik. (3) manfaat dari penerapan nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran sendiri siswa dapat mengetahui dan membantu mengembangkan kearifan lokal yang ada di sekitarnya, siswa memiliki pedoman pengetahuan yang baru di lingkunganya, meningkatkan kreativitas siwa dalam pembelajaran, membantu siswa untuk brfikir lebih Kritis, dengan adanya pembelajaran tersebut membuat siswa dapat mengamati dan bereksperimen di lingunganya untuk lebih mengenal kearifan lokal yang ada di sekitarnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kearifan lokal, pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:30
Last Modified: 27 Jan 2022 03:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6578

Actions (login required)

View Item View Item