Pengaruh Penggunaan Video Animasi Kartun Biologi terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X IPA MAN 1 Pati Tahun Ajaran 2020/2021

Fitriani, Noor Eva (2021) Pengaruh Penggunaan Video Animasi Kartun Biologi terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X IPA MAN 1 Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (904kB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (752kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (956kB)
[img] Text
06.BAB II.pdf

Download (844kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (627kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (440kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)

Abstract

Kepedulian lingkungan perlu ditanamkan karena untuk melestarikan lingkungan, untuk memperbaiki, mencegah kerusakan dan pencemaran lingkungan. Tujuan penelitian ini diantaranya yaitu: pertama, untuk mengetahui sikap peduli lingkungan siswa kelas X IPA MAN 1 Pati. Kedua, untuk mengetahui penggunaan video animasi kartun Biologi di kelas X IPA MAN 1 Pati. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi kartun Biologi terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas X IPA MAN 1 Pati. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X IPA di MAN 1 Pati. Sampel yang diambil kelas X IPA MAN 1 Pati dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa. Data penelitian berupa data primer karena, sumber data pemberian informasi diambil secara langsung pada saat pengumpulan penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, sikap peduli lingkungan siswa kelas eksperimen setelah menggunakan video animasi kartun menunjukkan bahwa 13,2% termasuk kategori sangat baik dan 86,8% siswa termasuk kategori baik. Indikator dengan persentase tertinggi ada pada indikator penilaian/penentuan sikap dan persentase terendah ada pada indikator menghargai kebersihan dan kesehatan. kedua, penggunaan video animasi kartun kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Penggunaan video animasi kartun Biologi di MAN 1 Pati tersebut tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket penggunaan video animasi kartun yang menunjukkan bahwa 7,9% siswa menerima dengan sangat baik adanya penggunaan video animasi kartun, 94,7% siswa menerima dengan baik adanya penggunaan video animasi kartun dan tidak ada siswa yang menerima dengan kurang baik (rendah). Ketiga, Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis, yaitu diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak. Jadi, ada pengaruh penggunaan video animasi kartun Biologi terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas X IPA MAN 1 Pati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan video animasi kartun, Sikap Peduli lingkungan, Biologi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:44
Last Modified: 28 Jan 2022 02:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6602

Actions (login required)

View Item View Item