Implementasi Pembelajaran Kitab Matan Jazariyah dengan Menggunakan Metode Demonstrasi dalam MeningkatkanKefasihan Membaca Al-Qur'an di Ponpes An-Nur Al-Islamy Jekulo

Madjid, Muhammad Imam (2021) Implementasi Pembelajaran Kitab Matan Jazariyah dengan Menggunakan Metode Demonstrasi dalam MeningkatkanKefasihan Membaca Al-Qur'an di Ponpes An-Nur Al-Islamy Jekulo. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (935kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (728kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (581kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi hal santri yg kurang fasih dalam membaca al-quran maka pondok pesantren An-nur Al-Islamy mengadakan pembelajaran Kitab Matan Jazariyah yang didalamnya berisi pokok-pokok ilmu tajwid serta dalam pembahasannya lebih lengkap dengan menekankan bagaimana huruf hijaiyah tersebut keluar dari mulut. Serta mengidentifikasi keefektivan penggunaan metode demonstrasi dalam pengajaran kitab tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Jekulo Kudus. Subjek penelitiannya pengasuh Ponpes, Ustadz pengampu dan santri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Adapun analisis datamenggunakan teori Miles dan Huberman yaitu menggunakan tiga langkah diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran kitab Matan Jazariyah di ponpes An-Nur dilaksanakan setiap malam rabu seteleh melaksanakan sholat isya' berjama'ah dengan kegiatan awal pembelajaran mengirim hadoroh kepada Nabi Muhammad, muallif kitab, abah syafiq nashan dan para sesepuh desa kauman. kegiatan selanjutnya adalah ustadz memberi materi ajar kepada santri dengan memaknai kitab terlebih dahulu setelah itu ustadz mempraktekkan bagaimana huruf hijaiyah keluar dari beberapa bagian rongga yang ada di mulut dengan didukung gambar rongga mulut yang telah tersedia. Setelah selesai baru santri mempraktekkan satu persatu kedepan. 2) Dalam penelitian yang berlangsung selama satu semester nampak adanya peningkatan pada kualitas bacaan santri saat membaca Al-Quran. fakta lain terlihat nilai dari ujian yang dilaksanakan serta pentashihan yang dilakukan dengan pengasuh pondok langsung rata-rata santri mengalami peningkatan. 3) Faktor pendukung tercapainya suatu proses belajar mengajar kitab Matan Jazariyah menggunakan metode demonstrasi di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy adalah karena metode yang simpel dan mudah untuk santri dalam memahami kitab matan Jazariyah. Faktor penghambatnya yaitu pada proses belajar mengajar sedang berlangsung sebagian santri ada yang tidak memperhatikan. Faktor tersebut yang mempengaruhi efektifnya pembelajaran Matan Jazariyah menggunakan metode demonstrasi yang seharusnya santri memperhatikan apa yang diperagakan atau dipraktekkan ustadz, tetapi malah melamun dan mengabaikannya walaupun hanya sebagian santri tetapi akan mempengaruhi berjalannya pembelaran tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kitab Matan Jazariah, Metode Demonstrasi, Kefasihan Membaca Al-Qur'an
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:46
Last Modified: 28 Jan 2022 02:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6603

Actions (login required)

View Item View Item