Noviyanto, Tri (2021) Implementasi Hidden Curriculum Dalam Pembentukan Karakter Religius pada Peserta Didik di MTs NU Al Munawwaroh Lau Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER - PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (233kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (337kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (921kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (340kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (204kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi hidden curriculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTs NU Al Munawwaroh Lau Dawe Kudus dengan sub fokus penelitian meliputi: (1) strategi pelaksanaan, (2) bentuk pelaksanaan, dan (3) dampak dari pelaksanaan hidden curriculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseacrh). Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan pemberian kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi hidden curriculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTs NU Al Munawwaroh dilakukan dalam beberapa tahap yaitu, melakukan perumusan atau menyusun materi sesuai dengan visi-misi madrasah, penerapan progam kerja dan evaluasi, (2) bentuk pelaksanaan hidden curriculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTs NU Al Munawwaroh yaitu pengarahan atau keteladanan, pembudayaan akhlaq, kegiatan pembiasaan diri (3) dampak pelaksanaan hidden curriculum dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTs NU Al Munawwaroh meliputi nilai aqidah, ibadah, dan akhlak. Selain itu dampak yang dapat diterima lembaga setelah menerapkan hidden curriculum yaitu, menjadikan sekolah semakin unggul dan berkualitas, kualitas guru semakin meningkat baik dari karakter personal guru maupun kualitas mengajar seorang guru ketika proses pembelajaran, kualitas karakter siswa semakin meningkat serta dapat memberikan kontribusi berupa prestasi baik akademik dan non akademik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hidden Curriculum, Kurikulum tersembunyi, Pembentukan karakter, karakter Religius, Peserta didik |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 03:14 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 03:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6643 |
Actions (login required)
View Item |