Implikasi Berita Online tentang Siswa Frustrasi dengan Pembelajaran Daring dan Solusi Melalui Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Jepara

Nafiyanti, Septina (2021) Implikasi Berita Online tentang Siswa Frustrasi dengan Pembelajaran Daring dan Solusi Melalui Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Jepara. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (981kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (577kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (744kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)

Abstract

Pendekatan yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian yang mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi suatu sosial, individu, kelompok, lembaga, dan masyarakat. Sedangkan, sasaran penelitian adalah kepala SMP, guru Pendidikan Agama Islam, ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Metode penelitian menggunakan triangulasi data untuk menjamin kevalidan data dan model analisis interaktif untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran daring telah dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan membuat rencana pembelajaran yang disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Rencana diwujudkan dengan penyusunan materi pembelajaran, bahan ajar, dan buku yang digunakan. Hasil semua itu disampaikan sesuai jadwal pembelajaran daring. Pembelajaran yang menggunakan bantuan teknologi informasi di tengah pandemi Covid-19. Materi pembelajaran disampaikan melalui aplikasi WhatsApp (WA) Grup, Zoom, Google Classroom. Termasuk, guru dalam mengontrol siswa dan mengevaluasi siswa menggunakan bantuan teknologi informasi. 2) Implikasi yang dirasakan siswa seusai membaca berita di media online tentang siswa frustrasi dengan pembelajaran daring ada dua, yakni secara negatif dan positif. Dampak negatif yang dialami siswa merasakan waswas akan mengalami kejadian serupa dan semangat belajar siswa menjadi menurun. Sedangkan, dampak positif yang dirasakan oleh siswa berupa mawas diri. Siswa mengatur jadwal dengan baik agar terhindar dari kejadian yang diberitakan di media online. 3) Adanya dampak negatif dan positif yang dirasakan oleh siswa, guru pendidikan Agama Islam tingkat SMP melakukan sejumlah upaya. Di antaranya menjaga kenyamanan belajar siswa, mengontrol keaktifan belajar siswa, memberi motivasi belajar siswa, dan meningkatkan kecerdasan spiritual siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Siswa Frustrasi, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Daring
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:33
Last Modified: 07 Feb 2022 03:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6659

Actions (login required)

View Item View Item