Implementasi Hukuman bagi Siswa dalam Pendidikan Islam di MA Assyafi’iyyah Talun Kayen Pati 2020/2021

Mufarrichah, Haniatun (2021) Implementasi Hukuman bagi Siswa dalam Pendidikan Islam di MA Assyafi’iyyah Talun Kayen Pati 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (440kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (612kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan bertujuan mengembangkan potensi-potensi manusia, mengembangkan watak yang dimiliki manusia. Adapun sering dijumpai fenomena negatif saat berlangsungnya proses pembelajaran, maka dibutuhkan metode untuk mengubah perilaku negatif tersebut, yaitu metode hukuman. Berdasarkan hal itu penelitisn ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah sebagai berikut : 1) bagaimana penerapan hukuman bagi siswa dalam pendidikan Islam, 2) bagaimana bentuk hukuman bagi siswa di MA Assyafi’iyyah Talun Kayen Pati, 3) bagaimana proses penerapan hukuman di MA Assyafi’iyyah Talun Kayen Pati, 4) bagaimana dampak penerapan hukuman di MA Assyafi’iyyah Talun Kayen Pati. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pegujian keabsahan data dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi, bahan referensi, member check. Sedangkan proses teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) penerapan hukuman dalam pendidikan Islam, berdasarkan keadaan darurat dan merupakan jalan alternatif dalam mendidik siswa. 2) bentuk dari penerapan hukuman di MA Assyafi’iyyah Talun Kayen Pati, terdapat dua bentuk, yakni denda materi dan immateri. 3) dalam proses pelaksanaan hukuman denda dibentuk kegiatan yang mana, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh OSIS MA Assyafi’iyyah Talun Kayen Pati atas perintah guru BK. 4) dampak setelah diterapkan hukuman di MA Assyafi’iyyah Talun Kayen Pati terdapat dampak yang positif seperti siswa dapat mengubah dari negatif ke positif, mampu mengevaluasi diri, dapat bertanggungjawab. Dampak negatif yang muncul setelah diterapkan hukuman di MA Assyafi’iyyah Talun Kayen Pati banyak siswa kehilangan perasaan bersalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hukuman, Pendidikan, Dampak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:49
Last Modified: 10 Feb 2022 02:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6695

Actions (login required)

View Item View Item