Evaluasi Program Pembelajaran Daring (Online) pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Pada MTs Nu Nurul Huda Kaliwungu Kudus)

Wahyuningsih, Wiwik (2021) Evaluasi Program Pembelajaran Daring (Online) pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Pada MTs Nu Nurul Huda Kaliwungu Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (519kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (508kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (575kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (981kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (622kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (541kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Pembelajaran dengan Metode Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada MTs Nu Nurul Huda Kaliwungu Kudus (2) untuk mendiskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran dengan pendekatan Evaluasi CIPP ( Contexs, Input, Process, Product) sebagai upaya untuk menggambarkan tingkat keberhasilan program pembelajaran yang berlangsung melalui komponen-komponen evaluasi yang disajikan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian evaluatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian evaluatif merupakan kegiatan penelitian dengan mengumpulkan berbagai data dan informasi mengenai suatu program serta menyajikan data tersebut dari berbagai sumber informasi yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Berdasarkan objektifitas informasi yang sudah diperoleh, selanjutnya dapat menentukan nilai atau tingkat keberhasilan program Pembelajaran Daring, sehingga dapat memberikan manfaat untuk pemecahan masalah yang dihadapi serta dapat melakukan pertimbangan terhadap pelaksanaan pembelajaran daring apakah dapat dilanjutkan, diperbaiki maupun diberhentikan. Subyek penelitian ini adalah 90 peserta didik yang diambil dari 3 jenjang kelas yaitu kelas VII VIII IX dari MTs Nu Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan pembagian kuisioner, observasi serta dokumentasi terkait pelaksanaan pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring berlangsung dengan baik, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi baik pendidik maupun peserta didik. Dari penelitian ini ditemukan : (1) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan media Whatsapp sebagai salah satu pusat komunikasi pendidik dan peserta didik. (2) pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan mengkolaborasikan dua model pembelajaran yaitu pembelajaran daring dan tatap muka dengan sistem rombongan belajar (sift). Berdasarkan penelitian penerapan pembelajaran daring dengan media whatsapp menunjukkan kurangnya efektifitas dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya tingkat minat belajar peserta didik akibat kurangnya hubungan emosional atau feetback antara pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Sehingga diperlukannya perbaikan dalam pelaksanaan program pembelajaran dengan meningkatkan level media pembelajaran melalui whatsapp menjadi zoom, meeting, classroom, edmodo dan lain sebagainya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pembelajaran Daring, CIPP (Contexs, Input, Process, Product)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:25
Last Modified: 10 Feb 2022 03:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6704

Actions (login required)

View Item View Item