Haram, M. Masy’aril (2021) Implementasi Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Al-Qur’an Di Asrama Tahfiẓ Nurus Salam Jombang Jember. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (418kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (290kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (481kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (960kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (451kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (958kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (276kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (471kB) |
Abstract
Metode dalam menghafal Al-Qur’an memanglah bermacam-macam, salah satunya adalah metode jarimatika, metode jarimatika merupakan metode menghafal yang menggunakan ruas-ruas jari sebagai media dan sangat mudah digunakan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang penerapan metode jarimatika dalam menghafal Al-Qur’an, dan mengetahui serta menganalisis metode jarimatika dapat meningkatkan motivasi peserta didik, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode jarimatika di asrama tahfiẓ Nurus Salam Jombang jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research atau penelitian lapangan di Asrama Tahfiẓ Nurus Salam Jombang jember. Subyek penelitiannya yaitu pengasuh asrama tahfiẓ dan peserta didik asrama tahfiẓ. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teori dari Miles and Huberman yaitu dengan menggunakan tiga langkah diantaranya reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode jarimatika di asrama tahfiẓ Nurus Salam dilakukan dengan tiga kegiatan yaitu, menghafal sendiri, murojaah bersama dan murojaah dengan partner, serta setoran hafalan kepada pengasuh asrama tahfiẓ Nurus Salam. 2) Semenjak metode jarimatika diterapkan diasrama tahfiẓ Nurus Salam, pengasuh asrama menjelaskan bahwa ada peningkatan hafalan serta dapat membantu mengatasi kendala yang sebelumnya dialamai oleh peserta didik, hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi yang dirasakan oleh peserta didik. 3) Faktor pendukung dalam penerapan metode jarimatika di asrama tahfiẓ Nurus Salam ada tiga yaitu praktis, lingkungan yang mendukung, dan kegiatan murojaah. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan metode jarimatika di asrama tahfiẓ Nurus Salam ada tiga yaitu, butuh waktu untuk menguasai metode, butuh fokus yang tinggi, dan suasana hati serta kondisi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menghafal Al-Qur’an, Metode Jarimatika |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 03:48 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 03:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6716 |
Actions (login required)
View Item |