PENERAPAN METODE TAPPS (THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING) DALAM MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS. NU DARUL HIKAM, KALIREJO UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Musafak, Ali (2016) PENERAPAN METODE TAPPS (THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING) DALAM MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS. NU DARUL HIKAM, KALIREJO UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas penerapan metode TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) dalam meningkatkan pemecahan masalah pada mata pelajaran fiqih di MTs. NU Darul Hikam, Kalirejo Undaan Kudus. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana metode TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) dalam pelajaran Fiqih di MTs NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana meningkatkan pemecahan masalah dalam pelajaran Fiqih di MTs NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016? dan (3) Bagaimana penerapan metode TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) untuk meningkatkan pemecahan masalah dalam pelajaran Fiqih di MTs NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016?. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui interview (wawancara) terhadap guru fiqih dan siswa, kemudian observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) dalam meningkatkan pemecahan masalah pada mata pelajaran fiqih di MTs. NU Darul Hikam, Kalirejo Undaan Kudus berjalan dengan efektif. Mulai dari siswa mengidentifikasi masalah – siswa mendiskusikan permasalahan dengan berdiskusi kelompok kecil – masing-masing kelompok menuliskan hasil diskusi, kemudian perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, kelompok lain memberikan pertanyaan dan tanggapan. (2) Pemecahan masalah adalah teknik untuk membantu siswa agar memahami dan menguasai materi pembelajaran dengan menggunakan strategi pemecahan masalah. Pemecahan masalah sebagai suatu strategi maka kedudukan pemecahan masalah itu hanya sebagai suatu alat untuk memahami materi pembelajaran. Untuk itu guru perlu menggunakan metode TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving), sebagai jalan keluarnya. Kemudian diakhiri dengan tugas-tugas, baik individu maupun tugas kelompok, sehingga siswa melakukan tukar pikiran dalam memecahkan masalah yang dihadapinya. (3) Metode TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) adalah metode pembelajaran yang mengacu pada permasalahan yang peserta didik jumpai sehari-hari secara berpasangan atau kelompok, dan apabila ada suatu pasangan atau kelompok menyelesaikan permasalahan maka yang lainnya sebagai pendengar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving); Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 05:17
Last Modified: 18 Feb 2017 05:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item