Hasaniya, Mahda (2021) Pengaruh Persepsi Matematis dan Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Integral Peserta Didik Kelas XI MIPA MAN 1 Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (546kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (862kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (752kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (806kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (455kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah integral peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Kudus tahun ajaran 2020/2021, (2) pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah integral peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Kudus tahun ajaran 2020/2021, dan (3) pengaruh persepsi matematis dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah integral peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Kudus tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kudus dengan jumlah peserta didik jurusan MIPA 211 orang. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan kemampuan peserta didik pada masing-masing kelas berbeda-beda, sehingga dipilihlah kelas XI MIPA 3 sebagai sampel penelitian dengan jumlah 36 orang dengan alasan kemampuan peserta didik pada kelas tersebut cukup merata. Data penelitian diperoleh melalui angket, tes, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi berganda, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Berdasarkan hasil analisis data, mendapatkan hasil bahwa: (1) terdapat pengaruh positif persepsi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah integral peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Kudus tahun ajaran 2020/2021 dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti meningkatknya persepsi matematis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah integral, (2) terdapat pengaruh positif disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah integral peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Kudus tahun ajaran 2020/2021 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti apabila terjadi peningkatan pada disposisi matematis maka kemampuan pemecahan masalah integral juga mengalami peningkatan, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi matematis dan disposisi matematis secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah integral peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Kudus tahun ajaran 2020/2021 dengan nilai siginifikansi sebesar 0,000 yang berarti peningkatan persepsi matematis dan disposisi matematis secara bersama-sama akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah integral
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Matematis, Disposisi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Ilmu-Ilmu Murni > Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 03:02 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 03:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6726 |
Actions (login required)
View Item |