Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Siswa Di SMK Miftahul ‘Ulum Boarding School Jogoloyo Demak

Safitri, Ana (2021) Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Siswa Di SMK Miftahul ‘Ulum Boarding School Jogoloyo Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (902kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (269kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (476kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

Nilai-nilai karakter pelajar merupakan pilar penting dalam pendidikan di Indonesia, karena maju atau tidaknya mutu pendidikan suatu bangsa tergantung pada karakter generasi muda itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana kegiatan membaca Asmaul Husna dalam pembentukan nilai-nilai karakter siswa di SMK Miftahul ‘Ulum Boarding School Jogoloyo Demak. (2) bagaimana karakter siswa di SMK Miftahul ‘Ulum Boarding School Jogoloyo Demak. (3) bagaimana dampak/pengaruh membaca Asmaul Husna dalam pembentukan nilai-nilai karakter siswa di SMK Miftahul ‘Ulum Boarding School Jogoloyo Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research yaitu dengan meneliti langsung ke tempat penelitian. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Subjek penelitianya yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, guru PAI dan siswa SMK Miftahul ‘Ulum Boarding School Jogoloyo Demak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan membaca Asmaul Husna dalam pembentukan nilai-nilai karakter siswa di SMK Miftahul ‘Ulum Boarding School Jogoloyo Demak dilaksanakan secara bersama-sama pada hari senin setelah apel pagi, yang diikuti oleh siswa, guru, dan semua warga sekolah. 2) Nilai-nilai karakter siswa di SMK Miftahul ‘Ulum Boarding School Jogoloyo Demak sebelum adanya kegiatan pembiasaan membaca Asmaul Husna dapat dikatakan kurang baik, karena masih adanya beberapa kenakalan siswa yang ditemukan, yaitu terkait pelanggaran tata tertib sekolah seperti contoh tidak patuh (berantakan atau berpenampilan tidak sesuai peraturan sekolah), kurang tertib (tidak menjaga kebersihan dan tidak rapi), tidak disiplin (terlambat), kurang sopan (tidak menghormati teman atau guru), tidak tanggung jawab (bolos sekolah atau tidak masuk sekolah tanpa izin serta tidak mengerjakan tugas dari guru). 3) Dampak atau pengaruh membaca Asmaul Husna dalam pembentukan nilai-nilai karakter siswa di SMK Miftahul ‘Ulum Boarding School Jogoloyo Demak yakni banyak siswa yang merasa lebih baik dan berperilaku positif. Perubahan nilai-nilai karakter yang positif antara lain: Religius, Tanggung jawab, Disiplin, Kerja keras, Mandiri, Cinta damai, Bersahabat atau komunikatif. Oleh karena itu, dengan terbiasa melakukan pembiasaan kegiatan tersebut pelan-pelan siswa mulai tersadar untuk menghindari perbuatan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Asmaul Husna, Nilai-Nilai Karakter
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:07
Last Modified: 09 Mar 2022 03:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6727

Actions (login required)

View Item View Item