Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Powerpoint Pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas X

Maghfuro, Muhammad Danial (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Powerpoint Pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas X. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (728kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan merancang media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi persamaan kuadrat kelas X dengan menggunakan microsoft powerpoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan microsoft powerpoint materi persamaan kuadrat kelas X. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D‘. Research and Development merupakan metode penelitian yang bertujuan menciptakan suatu produk dan menguji kelayakan produk tersebut‘. Langkah pengembangan penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang memiliki 5 tahap. Kelima tahap tersebut adalah analysis, design, development, implementation, evalution. Penelitian ini ditujukan terhadap peserta didik kelas X IPS di MA Manzilul Ulum yang terdiri dari 30 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data skor kuesioner. Dalam teknik analisis data ini, digunakan lima katagori pernyataan, yaitu : (1) Sangat Layak (SL) = 5, (2) Layak (L) = 4, (3) Cukup (C) = 3, (4) Kurang (K) = 2, dan (5) Sangat Kurang (SK) = 1. Dengan mengadopsi model konversi skor aktual menjadi nilai skala 5 yang dikemukakan oleh Sukardjo. Setelah dilakukan penelitian, didapat kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis multimdia interaktif menggunakan Microsoft Powerpoint materi persamaan kuadrat yang dikembangkan telah layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dapat disimpulkan dari hasil validasi ahli materi dengan nilai rata-rata 75,5 kategori layak, ahli media dengan nilai rata-rata 86,5 kategori sangat layak, pengguna sekala kecil dengan nilai rata-rata 83,667 kategori sangat layak, dan pengguna skala besar dengan rata-rata nilai 81,8 kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Microsoft Powerpoint, Persamaan Kuadrat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:49
Last Modified: 16 Mar 2022 01:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6769

Actions (login required)

View Item View Item