Penerapan Metode Drill Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Siswa Kelas Vi MI NU Tanfidhul Qur’an Krandon Kota Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Abdullah, Abdullah (2021) Penerapan Metode Drill Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Siswa Kelas Vi MI NU Tanfidhul Qur’an Krandon Kota Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (350kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (639kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (443kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (574kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas tentang penerapan metode latihan (drill) untuk menghafal Al-Qur’an siswa kelas VI MI NU Tahfidzul Qur’an Krandon Kota Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari penerapan metode latihan (drill) untuk menghafal Al-Qur’an siswa kelas VI MI NU Tahfidzul Qur’an Krandon Kota Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain; 1) Bagaimana penerapan metode drill untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa kelas VI MI NU Tahfidzul Qur’an Krandon Kota Kudus,2) faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dari penerapan metode drill untuk menghafal Al-Qur’an siswa kelas VI MI NU Tahfidzul Qur’an Krandon Kota Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan sumber informasi dalam penelitian ini menggunakan sumber primer. Jumlah narasumber dalam penelitian ini adalah tiga orang. Narasumber adalah kepala Madrasah, wali kelas dan guru mata pelajaran Qur'an Hadits. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian ini yang pertama adalah kurang efektifnya metode lama dalam menghafalkan maka pihak madrasah mencoba menggunakan metode drill dan membuahkan hasil yang lebih baik. Sedangkan langkah-langkah dalam melaksanakan metode drill di MI NU Tahfidzul Qur’an Krandon Kota Kudus pertama mengkondisikan siswa, menyimak hafalan siswa, mengevaluasi hasil hafalan dan memberi tugas untuk pertemuan selanjutnya. Sedangkan yang kedua adalah faktor penghambat pelaksanaan metode drill antara lain faktor internal, terdiri dari kemampuan siswa yang bebeda-beda, kondisi Psikis anak yang berbeda-beda dan kesehatan. Faktor eksternal alokasi waktu. Sedangkan faktor pendukungnya antara lain seluruh pengajar merupakan ahli Qur’an dan seluruh siswa berasal dari pondok pesantren Yanbu’ul Qur’an Anak-Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hafalan Siswa, Metode Drill, MI Tahfidzul Qur’an Kandon
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:59
Last Modified: 16 Mar 2022 01:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6770

Actions (login required)

View Item View Item