Implementasi Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Kelompok Bdi RA Muslimat NU Gembong Pati

Najib, Nailun (2021) Implementasi Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Kelompok Bdi RA Muslimat NU Gembong Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (485kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (623kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (797kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (476kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (835kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mplementasi metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B di RA Muslimat NU Gembong Pati, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta solusi Implementasi metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B di RA Muslimat NU Gembong Pati. Fokus penelitian ini adalah implementasi metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B di RA Muslimat NU Gembong Pati, faktor pendukung dan penghambat serta solusi Implementasi metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B di RA Muslimat NU Gembong Pati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research, pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 2 guru RA Muslimat NU Gembong Pati dan siswa RA Muslimat NU Gembong Pati yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui obeservasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data deskriptif dalam penelitian ini menggunakan analisis reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Verifikasi (Conclution drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1).Implementasi metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B di RA Muslimat NU Gembong Pati (1) Tahap Enaktif adalah memperkenalkan konsep bilangan dan berhitung dengan memperlihatkan benda-benda konkrit dan kejadian nyata. (2) tahap Ikonik dimana peserta didik diberikan kesempatan untuk melihat gambar yang mewakili benda dan kejadian yang nyata. (3) tahap simbolik adalah diperkenalkan bilangan satuan pada jari tangan kanan, bilangan puluhan pada jari tangan kiri, menyebutkan mengenal teman kecil dan teman besar, serta mengenal hasil penambahan (“+”) dan pengurangan (“-“). 2) Faktor pendukung Implementasi metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B di RA Muslimat NU Gembong Pati adalah media pembelajaran yang mudah ditemukan, yaitu dengan jari, menggunakan strategi menyanyi. Faktor Penghambat adalah media gambar yang belum sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik.kondisi peserta didik yang masih anak usia dini yang tidak bisa fokus lebih lama. Solusi media gambar yang digunakan adalah gambar yang warna warni, Guru mengulang-ngulang meteri pembelajaran, pembelajaran jarimatika hendaknya dalam waktu yang simgkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Jarimatika, Kemampuan Berhitung Permulaan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:35
Last Modified: 16 Mar 2022 07:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6795

Actions (login required)

View Item View Item