Problematika Perilaku Menyimpang Siswa dan Alternatif Pemecahannya Melalui Pembelajaran Ips Kelas VIIIdi Mts Al-Islam Saripan Jepara

Safitri, Cicik (2022) Problematika Perilaku Menyimpang Siswa dan Alternatif Pemecahannya Melalui Pembelajaran Ips Kelas VIIIdi Mts Al-Islam Saripan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (303kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (282kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (494kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Latar belakang penyususnan skripsi ini karena peneliti tertarik setelah mengetahui ada penyimpangan perialku yang dilakukan siswa di MTs Al-Islam Saripan Jepara, serta alternatif pemecahannya melalui pembelajaran IPS yang diterapkan di MTs Al-Islam Saripan Jepara. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui perilaku menyimpang yang dilakukan siswa-siswi di MTs Al-Islam Saripan Jepara. 2) untuk mengetahui alternatif pemecahan perilaku menyimpang siswa kelas VIII di Mts Al-Islam Saripan Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research),yaitu peneliti datang langsung ke lokasi penelitian di MTs Al-Islam Jepara. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, pendekatan ini digunakan peneliti untuk memperoleh data yang fakta tentang siswa yang berperilaku menyimpang dan alternatif pemecahannya dengan menggunakan pembelajaran IPS,Selanjutnya data dianalisis dengan memilih dan merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Perilaku menyimpang siswa di MTs Al-Islam Jepara yang dilakukan siswa, biasanya melanggar peraturan yang ada di sekolah yang berkaitan dengan pelanggaran nilai dan norma seperti tidak mengerjakan tugas, terlambat ke sekolah, mencontek ketika ujian, Tawuran atau perkelahian antar pelajar, bullying, mengganggu suasana kelas yang menyebabkan keributan (berbicara sendiri saat pelajaran), dan menyontek ketika ada ujian, anak yang bergabung dalam sebuah kelompok kriminal. 2) Alternatif pemecahan perilaku menyimpang siswa di MTs Al-Islam Saripan Jepara dengan menggunakan upaya preventif (pencegahan) berupa pemberian jam tamabahan setelah pulang seekolah berupa ekstrakulikuler sebagaiuoaya agar siswa melakukan halmpositif dan bermanfaat setelah pulang sekolah dan represif (setelah terjadi) untuk menanggulangi penyimpangan yang ada di Mts Al-Islam Saripan Jepara yaitu upaya penanggulangan penyimpangan ringan yang dilakukan oleh pihak sekolah MTs Al-Islam Saripan Jepara dan guru dimulai dari peneguran ketika siswa melakukan penyimpangan sampai pemeberian sanksi berupa push-up, berlari mengelilingi lapangan, berdiri didepan kelas. Penyimpangan berat atau pelanggaran berat yang dilakuka siswa MTs Al-Islam Saripan Jepara akan di tindak lanjuti oleh pihak sekolah dengan langkah awal yaitu pemberian peringatan, kemudian pemberian surat pemanggilan orantua, jika masih melakukan penyimpangan berat maka siswa akan dikembalikan pada orang tua wali, bahkan pada pihat berwajib jika siswa melakukan pelanggaran berat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perilaku menyimpang, alternatif pemecahannya, MTs
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 360 Permasalahan Sosial dan Layan Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:38
Last Modified: 17 Mar 2022 02:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6805

Actions (login required)

View Item View Item