Peran Uswatun Hasanah Guru Dalam Membentuk Nilai-Nilai Moral dan Karakter Religius Siswa Kelas III MI Islamiyah Kunduran Blora

Ansori, Alfan (2022) Peran Uswatun Hasanah Guru Dalam Membentuk Nilai-Nilai Moral dan Karakter Religius Siswa Kelas III MI Islamiyah Kunduran Blora. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (776kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (168kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (111kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (233kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan peran uswatun hasanah guru dalam membentuk nilai moral dan karakter religius siswa kelas 3 MI Islamiyah Kunduran Blora. 2.) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran uswatun hasanah guru dalam membentuk nilai moral dan karakter religius siswa kelas 3 MI Islamiyah Kunduran Blora. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas, uji Transferability, uji Dependability, dan uji Konfirmatibility. Teknik analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). peran uswatun hasanah guru dalam membentuk nilai moral dan karakter religius siswa kelas 3 MI Islamiyah Kunduran Blora dilakukan dengan dua kegiatan yaitu kegiatan uswatun hasanah yang disengaja dan kegiatan uswatun hasanah yang tidak disengaja. Adapun uswatun hasanah yang disengaja meliputi berbicara dengan sopan, menghormati guru dan orang yang lebih tua, dapat membedakan perbuatan yang benar dan salah, memiliki fasilitas yang digunakan untuk beribadah, merayakan hari-hari besar keagamaan, dan hidup rukun dengan orang lain. Sedangkan uswatun hasanah yang tidak disengaja meliputi perilaku siswa yang mau untuk meminta maaf, memberi maaf dan suka menolong. 2.) Faktor pendukung peran uswatun hasanah guru dalam membentuk nilai-nilai moral dan karakter religius siswa yaitu adanya kemampuan seorang guru dalam menggunakan media pembelajaran seperti menggunakan proyektor, adanya kesadaran dari dalam diri siswa untuk menerapkan nilai moral dan karakter religius dalam hidupnya, adanya dukungan dari orang tua yang membiasakan anak untuk bersikap baik dan sesuai aturan ketika di rumah, adanya evaluasi rutin dari kepala sekolah, dan adanya fasilitas di sekolah yang memadai. Adapun Faktor penghambat peran uswatun hasanah guru dalam membentuk nilai-nilai moral dan karakter religius siswa yaitu adanya ketidakseimbangan antara di sekolah dan di rumah, seperti ketika di sekolah siswa diajari untuk sholat, ngaji. Namun ketika di rumah tidak ada tindak lanjut dari orang tuanya, bahkan orang tuanya mungkin tidak melakukan kegiatan tersebut, siswa yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, dan adanya pengaruh dari lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Uswatun Hasanah, Nilai Moral, Karakter Religius.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:52
Last Modified: 17 Mar 2022 02:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6810

Actions (login required)

View Item View Item