Implementasi Metode Group Investigation dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Siswa Kelas VIII-A pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus

Jaelani, Pohar (2022) Implementasi Metode Group Investigation dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Siswa Kelas VIII-A pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (658kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (484kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (358kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengimplementasian metode group investigation dalam mengembangkan aspek kognitif siswa kelas VIII-A pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. (2) Untuk mendapatkan data mengenai faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat pengimplementasian metode group investigation dalam mengembangkan aspek kognitif siswa kelas VIII-A pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Penerapan metode group investigation dalam mengembangkan apsek kognitif siswa di kelas VIII-A ini cukup baik dan siswa semakin tambah aktif dengan adanya metode ini, sebab semua siswa ikut bekerja dan berpartisipasi sehingga siswa bisa memberikan atau mengemukakan pendapatnya. (2) Faktor pendukung Metode Group Investigation Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Siswa Kelas VIII-A Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. Pertama, pengondisian kelas terlebih dahulu sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kedua, adanya kerjasama yang baik antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya ketika proses belajar dengan menggunakan metode group investigation. Faktor penghambat Metode Group Investigation Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Siswa Kelas VIII-A Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus meliputi: 1) Adanya guru fiqih yang datang terlambat. 2) Siswa yang pasif atau malu mengemukakan pendapat. 3) Kurangnya persiapan guru dalam materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Group Investigation, Aspek Kognitif Siswa, Fikih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:56
Last Modified: 17 Mar 2022 02:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6811

Actions (login required)

View Item View Item