Manajemen Strategik Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam melalui Program Unggulan Tahfiz Al Qur’an di SD Miftahus Sa’adah Kudus

Albab, Muhammad Ulil (2022) Manajemen Strategik Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam melalui Program Unggulan Tahfiz Al Qur’an di SD Miftahus Sa’adah Kudus. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (619kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (348kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (728kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (608kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (457kB)
[img] Text
09. BAB VI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam yang bermutu merupakan pendidikan yang mampu mengembangkan kemampuan secara akademik maupun non akademik peserta didik serta dapat membentuk karakter dan peradaban bangsa. Oleh karena itu, harus dikembangkan dalam lembaga pendidikan nilai-nilai keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, kreativitas, kecakapan, kemandirian, demokrasi dan tanggungjawab kepada peserta didik. Melihat fenomena itu peneliti mencoba untuk menawarkan konsep manajamen strategik peningkatan mutu PAI pada program unggulan tahfiz Al Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategik peningkatan mutu PAI pada program unggulan tahfiz Al Qur’an di SD Mifathus Sa’adah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu sebuah pendekatan penelitian yang mengungkap kualitas sesuatu secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Mutu pendidikan agama Islam di SD Miftahus Sa’adah dilakukan dengan cara membentuk akhlak mulia (character building) peserta didik melalui beberapa pendekatan yaitu spiritual, pengalaman, emosional, keteladanan dan pembiasaan. Selanjutnya yaitu dengan peningkatan prestasi belajar, peningkatan profesionalismen pendidik dan peningkatan mutu melalui sarana dan prasarana lembaga sekolah. (2) Implementasi manajemen strategik yaitu dengan cara pertama, perencanaan strategi yaitu dengan perumusan visi, misi dan tujuan, assesment terhadap lingkungan internal maupun eksternal. Kedua, pelaksanaan manajemen strategik yang dilakukan dengan mengembangkan kurikulum lembaga sekolah yang mensinergikan kurikulum dinas dengan kurikulum lokal program tahfiz Al Qur’an, proses penerimaan peserta didik yang disesuaikan dengan program unggulan tahfiz Al Qur’an di SD Miftahus Sa’adah, pengembangan SDM pendidik dengan meningkatkan kompetensi pendidik dan kualifikasi pendidik, melaksanakan strategi tahfiz yang melalui program tahfiz tanpa mondok Ketiga, evaluasi manajemen strategi dengan memonitor perencanaan dan penerapan strategi, termasuk mengukur kinerja organisasi dengan pertemuan berkala, seperti mengadakan rapat rutin setiap minggu, kemudian rapat koordinasi setiap semester, dan rapat koordinasi setiap akhir tahun oleh kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik, Mutu Pendidikan Agama Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:34
Last Modified: 18 Mar 2022 01:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6829

Actions (login required)

View Item View Item