Peran Tokoh Agama dalam Membimbing Kondisi Psikososial Anak dari Keluarga Broken home di Desa Pladen Jekulo Kudus

Ni’mah, Anis Azifatun (2022) Peran Tokoh Agama dalam Membimbing Kondisi Psikososial Anak dari Keluarga Broken home di Desa Pladen Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER OKE.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (245kB)
[img] Text
06 BAB III OKE.pdf

Download (114kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (198kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran tokoh agama dalam membimbing kondisi psikososial anak dari keluarga broken home di Desa Pladen Jekulo Kudus, antara lain: (1) untuk mengetahui peran tokoh agama dalam membimbing anak broken home. (2) untuk mengetahui dampak broken home pada kondisi psikososial anak. (3) untuk mengetahui cara mengatasi kondisi psikososial anak dari keluarga broken home. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), karena peneliti melakukan penelitian lapangan pada objek yaitu peran tokoh agama dalam membimbing kondisi psikososial anak dari keluarga broken home dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini sebanyak 4 orang yaitu anak dari keluarga broken home. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran tokoh agama dalam membimbing kondisi psikososial anak dari keluarga broken home dengan membentengi anak secara rohani, hal itu dapat memberikan pemahaman kepada anak di lingkungan masyarakat agar dapat berperilaku baik dan sesuai dengan norma keagamaan. 2) Kondisi keluarga broken home yang mengalami perceraian dapat menyebabkan anak mengalami tekanan jiwa, pola perilaku anak kurang tertata dengan baik, emosi tidak terkontrol, dan lebih senang menyendiri. Salah satu dampak yang menonjol akibat broken home yaitu anak mempunyai kepribadian yang menyimpang. Hal itu mengakibatkan anak sulit untuk bersosialisasi dalam memilih teman di dalam masyarakat.3) Hasil yang diperoleh dari tokoh agama yang membimbing anak broken home yaitu dengan menjaga komunikasi dengan orang tua, anak juga harus menggunakan waktunya pada hal yang bermanfaat, contohnya: bersemangat mengkaji ajaran Islam, aktif dalam kegiatan keagamaan, dan melakukan hobi yang disenangi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Psikososial Anak, Broken Home, Tokoh Agama
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:52
Last Modified: 18 Mar 2022 02:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6839

Actions (login required)

View Item View Item