Nurfauzi, Alfian Yusuf (2022) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dimasa Pandemi Covid 19 Melalui Media Sosial Zoom Dan Whatsapp Pada Siswa Kelas VII MTs Miftahul Jannah Brati Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (216kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (262kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (525kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (253kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (462kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (150kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
Abstract
Problem yang muncul dimana kesiapan dan bagaimana prosees pembelajaran akidah di masa pendemi secara daring serta bagaimana hasil dan faktor pendukung serta penghambat untuk melaksanakannya, mengingat pembelajaran akidah akhlak adalah pembelajaran yang membutuhkan pengawasan secara langsung terhadap perkembangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak di masa Pandemi Covid 19 pada Siswa Kelas VII MTs Miftahul Jannah Brati Grobogan. (2) Untuk mengetahui hasil dari Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak melalui Media Sosial Zoom dan Whatsapp Pada Kelas VII MTs Miftahul Jannah Brati Grobogan. (3) Untuk Mengetahui Apa saja faktor pendukung dan penghambat Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Media Sosial Zoom dan Whatsapp Pada Kelas VII MTs Miftahul Jannah Brati Grobogan. Penelitian Ini menggunakan studi pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah orang-orang yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam proses penelitian. Dalam penelitian ini subyeknya adalah Kepala Sekolah, Guru Akidah Akhlaq dan Siswa Kelas VII MTs Miftahul Jannah Brati Grobogan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung ke MTs Miftahul Jannah Brati Grobogan dan mewawancarai pihak sekolah terkait Pembelajaran Aqidah Akhlak di masa Pandemi Covid-19 melalui Media Sosial Zoom dan Whatsapp. Uji keabsahan data yang digunakan oleh peneliti adalah uji kredibilitas dengan jenis triangulasi, adapun triangulasi yang digunakan yaitu: Tringulasi Sumber, Tringulasi Teknik dan Tringulasi Waktu. Adapun Hasil dari Penelitian yaitu: (1) Implementasi pembelajaran Akidah Akhlaq dilakukan secara daring dengan menggunakan media social Zoom dan Whatsapp sebagai alat komunikasi antara peserta didik dengan pendidik serta dalam pelaksanaanya guru telah melakukan langkah langkah upaya dalam menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran dengan melakukan 5 M meliputi, menanya, mengkomunikasikan, menalar, mencoba dan mengamati. (2) hasil pembelajaran dengan menggunakan media Zoom dan Whatsapp bisa dikatakan kurang maksimal. Itu terbukti dengan adanya permasalahan yang muncul yaitu siswa kurang dapat memahami materi yang diberikan karena factor pendukung untuk melakukan komunikasi yang kurang baik (3) faktor pendukung dan penghambat yang terjadi disebabkan oleh beberapa fasilitas yang kurang mendukung serta proses pembelajaran yang terbilang monoton.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Akidah Akhlak, Media Sosial, Covid-19. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 07:40 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 07:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6854 |
Actions (login required)
View Item |