Implentasi Metode Bermain Peran Dalam Upaya Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK IT Harapan Mulia Desa Caren Kecamatan Ngawen Blora

Ernawati, Siti (2022) Implentasi Metode Bermain Peran Dalam Upaya Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK IT Harapan Mulia Desa Caren Kecamatan Ngawen Blora. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (612kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (491kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (365kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui implementasi metode bermain peran dalam upaya mengembangkan sosial emosional anak usia dini di TK IT Harapan Mulia Desa Caren Kecamatan Ngawen Blora.Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode bermain peran dalam upaya mengembangkan sosial emosional anak usia dini di TK IT Harapan Mulia Desa Caren Kecamatan Ngawen Blora. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif. Sumber data yang diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Uji keabsasahan datanya dengan cara uji kredibilitas, uji Transferability, uji Dependability, dan uji Konfirmatibility. Teknik analisis data yang digunakan dalam penulitian ini adalah reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode bermain peran dalam upaya mengembangkan sosial emosional anak usia dini terbukti efektif. Peningkatan kemampuan sosial emosional anak usia dini yaitu meningkatkan ketrampilan kerjasama anak, anak dapat memahami peraturan, anak juga sudah memiliki percaya diri yang lebih, anak dapat saling mengerti hak orang lain, anak juga memiliki kesabaran yang lebih, dan terakhir anakpun mampu untuk menghargai hasil karya temannya. Adapun faktor pendukung implementasi metode bermain peran dalam upaya mengembangkan sosial emosional anak usia dini meliputi sarana dan prasarana yang memadai, guru yang profesional, minat belajar dan ketekunan peserta didik. Sehingga metode bermain peran dapat dilaksanakan sebagai upaya mengembangkan sosial emosional anak usia dini, untuk melatih kerjasama dan kesabaran anak. Sedangkan faktor penghambat implementasi metode bermain peran dalam upaya mengembangkan sosial emosional anak usia dini meliputi suasana kelas yang tidak kondusif, kurangnya waktu atau jadwal dalam kegiatan bermain peran, serta media atau bahan yang sesuai dengan tema sangat sulit didapatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran, Sosial Emosional dan Anak Usia Dini
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2022 01:51
Last Modified: 21 Mar 2022 01:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6859

Actions (login required)

View Item View Item