Fa‘āliyat Ṭarīqat Drill and Practice ‘Alā Tarqiyat Ta’līm an-Naḥwi Lada ath-Thullāb Fī al-Faṣhl as-Sābi’ Bi al-Madrasat al-Mutawassiṭat al-Islāmiyyat Miftāḥul Hudā Jleper as-Sanati ad-Dirasiyyati 2021/2022 M

Salamah, Ummi (2022) Fa‘āliyat Ṭarīqat Drill and Practice ‘Alā Tarqiyat Ta’līm an-Naḥwi Lada ath-Thullāb Fī al-Faṣhl as-Sābi’ Bi al-Madrasat al-Mutawassiṭat al-Islāmiyyat Miftāḥul Hudā Jleper as-Sanati ad-Dirasiyyati 2021/2022 M. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (420kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (418kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (696kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (505kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektifitas metode Drill and Practice untuk meningkatkan pembelajaran nahwu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa di MTs Miftahul Huda Jleper yang menganggap sulit pembelajaran bahasa arab, lebih-lebih pembelajaran tentang nahwu. Alasan kedua adalah minimnya kemampuan siswa di madrasah tersebut untuk menerapkan kaidah-kaidah nahwu ke dalam contoh kalimat. Metode Drill and Practice adalah salah satu metode yang memberikan banyak kesempatan latihan kepada siswa. Sehingga dalam penerapannya pada pembelajaran nahwu, siswa akan banyak berlatih untuk meerapkan kaidah nahwu ke dalam contoh kalimat. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Miftahul Huda Jleper dengan metode studi lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif dengan model eksperimen jenis quasi eksperimen. Terdapat dua kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian. Kedua kelas tersebut dibagi atas kelas eksperimen (VII-A) dan kelas kontrol (VII-C). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes yang terdir atas Pre-Test dan Post-Test. Pre-Test dan Post-Test diberlakukan pada kedua kelas, sedangkan treathment hanya diberlakukan pada kelas VII-A sebagai kelas eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kelas sebelum dilakukannya eksperimen dengan kondisi setelah dilakukannya eksperimen. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran nahwu siswa sebelum dilakukannya eksperimen dengan hasil pembelajaran nahwu siswa setelah eksperimen. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifitasan metode Drill and Practice yang diterapkan pada pembelajaran nahwu. Setelah dilaksanakannya penelitian dan pengolahan data penelitian didapatkan hasil berupa adanya peningkatan yang signifikan nilai rata-rata kelas eksperimen dari 56,0 menjadi 78,6. Hasil analisis menggunakan Paired sample T-Test pada SPSS 25 menunjukkan angka t hitung sebesar 11,786 dengan t tabel df 50 adalah 1,675. Hasil tersebut menjadi indikasi bahwa metode Drill and Practice efektif diterapkan ke dalam pembelajaran nahwu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill and Practice, Pembelajaran Nahwu
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2022 01:56
Last Modified: 21 Mar 2022 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6863

Actions (login required)

View Item View Item