Analisis Proses Pembelajaran Literasi Digital dengan Media Whatsapp Ditengah Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MI Nu Sholahiyah Kudus

Aeni, Siti Nurul (2022) Analisis Proses Pembelajaran Literasi Digital dengan Media Whatsapp Ditengah Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di MI Nu Sholahiyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (726kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (977kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Literasi Digital dengan Media Whatsapp, dampak dari pembelajaran Literasi Digital ditengah pandemic Covid-19 pada hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Nu Sholahiyah Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi terhadap institusi pendidikan yang terkait yaitu MI Nu Sholahiyah Kudus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yakni melalui wawancara dengan subyek yang dituju dan melalui arsip-arsip dokumen terkait pembelajaran literasi digital dengan media whatsapp. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan uji kreadibilitas. Untuk analisis data penelitian, peneliti melakukan beberapa tahap ialah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran Literasi Digital pada Mata Pelajaran IPA kelas V yaitu pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan whatsapp group (WAG) sebagai aplikasi belajar. Whatsapp group tersebut memuat pelajaran tema diantaranya Mata Pelajaran IPA yang diampu oleh ibu Yeni Astuti, S.Pd.I sebagai guru kelas V. Dalam Proses pembelajarannya tersebut dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan evaluasi atau penutup. Pembelajaran dimulai dengan menyapa peserta didik, menanyakan kabar peserta didik, mengingatkan kedisiplinan, mengajak berdo’a dan mengecek kegiatan ketika peserta didik belajar dari rumah, menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan materi yang akan dipelajari. Dampak dari pembelajaran literasi digital ditengah pandemi covid-19 pada hasil belajar peserta didik yaitu 1) tidak efektif karena memiliki banyak kendala yang dialami siswa; 2) siswa tidak disiplin dalam mengirimkan tugas tidak sesuai dengan jam yang telah ditentukan; 3) proses belajar dirumah siswa tidak ada pengawasan dari orang tua karena sibuk bekerja; 4) materi yang disampaikan melalui whatsappgroup kurang maksimal dalam menyampaikan hanya dibatasi beberapa jam saja; 5) materi yang disampaikan lewat voicenote tidak tercapai dengan bagus dan siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Literasi Digital, IPA, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:14
Last Modified: 21 Mar 2022 02:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6870

Actions (login required)

View Item View Item