Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye Serta Relevansinya dengan Motivasi Belajar Peserta Didik MI/SD

Saadah, Nurussalis (2022) Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye Serta Relevansinya dengan Motivasi Belajar Peserta Didik MI/SD. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (569kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (286kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (624kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penanaman nilai pendidikan karakter yang semakin menurun disebabkan meningkatnya era globalisasi atau pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, yang mengakibatkan merosotnya nilai-nilai karakter yang mengantarkan bangsa ini pada krisis akhlak. Novel dapat dijadikan media untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dengan meneladani setiap nilai-nilai karakter yang ada pada novel kemudian di aplikasikan pada kehidupan sehari-hari peserta didik, dengan begitu muncullah nilai-nilai karakter dalam diri peserta didik MI/SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung pada novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye serta relevansinya dengan motivasi belajar peserta didik MI/SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pustaka (library research) dengan menelaah dan meneliti yang bersumber dari kepustakaan, dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang mengandalkan dokumentasi berupa novel. Subjek penelitian ini adalah tokoh utama pada karakter novel Hafalan Shalat Delisa yaitu Delisa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis data model Miles and Huberman, yang memiliki tiga tahap analisis yaitu data reduction, data display, conclusion drawing/verification. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa di dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye terdapat lima belas nilai pendidikan karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Relevansi novel Hafalan Shalat Delisa terhadap motivasi belajar peserta didik MI/SD berhasil memperoleh Relevansi pendidikan karakter pada novel Hafalan Shalat Delisa terhadap motivasi belajar peserta didik MI/SD memiliki hasil yaitu adanya keterkaitan pendidikan karakter novel terhadap motivasi belajar peserta didik MI/SD. Dalam setiap karakter seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab yang ada dalam novel sangat berpengaruh dengan motivasi belajar peserta didik MI/SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, novel Hafalan Shalat Delisa, motivasi.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:51
Last Modified: 21 Mar 2022 02:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6881

Actions (login required)

View Item View Item