Masyrofah, Imarotul (2022) Penerapan Metode C3t (Cerdas, Cermat, Cepat, Dan Tepat) Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas 5 Di Mi Miftahul Ulum Pancur 1 Mayong Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (791kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (291kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (469kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (404kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (433kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (358kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan metode Cerdas, Cermat, Cepat dan Tepat dalam mengembangkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran PKn di MI Miftahul Ulum Pancur I Mayong Jepara Tahun Ajaran 2020/2021, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan juga faktor penghambat metode Cerdas, Cermat, Cepat dan Tepat dalam mengembangkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran PKn di MI Miftahul Ulum Pancur I Mayong Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini jenis lapangan atau disebut field research yang bersifat deskriptif atau dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Subyek penelitian yaitu kepala madrasah, guru kelas V dan peserta didik kelas V. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferability, depandebility, dan confermability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Penerapan metode cerdas cermat cepat dan tepat (C3T) dalam mengembangkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran PKn kelas V Madrasah Ibtidaiyyah Miftahul Ulum Pancur I Mayong Jepara. Guru memberikan ruang peserta didik belajar kemudian menjelaskan materi tentang Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab dalam kehidupan sehari-hari. 2). Faktor pendukung dan faktor penghambat metode C3T dalam mengembangkan kemampuan kognitif siswa. Faktor pendukung dalam penerapan metode C3T pada mata pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyyah Miftahul Ulum Pancur I Mayong Jepara adalah minat belajar siswa yang sangat baik, keadaan peserta didik dan situasi belajar yang sangat memungkinkan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu meliputi: pada saat proses pembelajaran, kelas yang tidak bisa kondusif, dan karakter yang dimiliki oleh siswa berbeda-beda. Keresahan anak yang memiliki kemampuan terbatas akan sulit untuk menyetarakan dan menyesuaikan dengan siswa yang lainya. Mengingat setiap orang akan memiliki batas kemampuan yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode C3T (Cerdas, Cermat, Cepat dan Tepat), Keterampilan Kognitif, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 03:05 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 03:05 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6883 |
Actions (login required)
View Item |