Najikhah, Eva Ainun (2022) Efektivitas Problem Based Learning (PBL) Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI MIPA di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (393kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (455kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (718kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (592kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (604kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (364kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (364kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Problem Based Learning (PBL) berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI MIPA MA NU Hasyim asy’ari 2 Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rerata keterampilan proses sains siswa dan keefektifan PBL berbasis STEM dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dan desain Nonequalivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel dua kelas yakni kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes essay keterampilan proses sains dan lembar angket tanggapan siswa terhadap model pembelajaran. Data penelitian berupa pretest dan posttest KPS yang digunakan untuk uji tahap awal kemudian untuk nilai posttest KPS digunakan untuk menguji hipotesis sebagai uji tahap akhir. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata KPS siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung sebesar 2,980 > ttabel sebesar 2,056. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Besar peningkatan KPS dibuktikan dengan uji N-Gain diperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,61 dengan interpretasi sedang pada kelas eksperimen dan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,38 dengan interpretasi sedang pada kelas kontrol. Perbandingan ketercapaian keterampilan proses sains secara keseluruhan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 11% dimana pada kelas eksperimen lebih baik dibandingan kelas kontrol. Kemudian tingkat efektivitas PBL berbasis STEM dihitung dengan uji effect size diperoleh hasil 0,40 dengan interpretasi sedang. Sehingga PBL berbasis STEM lebih efektif meningkatkan keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, PBL, STEM, Keterampilan Proses Sains, Sistem Peredaran darah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 03:30 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 03:30 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6890 |
Actions (login required)
View Item |