Hikmawati, Roudlotul (2022) Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring Pada Mata Pelajaran Pai Di Desa Kalipang Sarang Rembang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (344kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (398kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (679kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (456kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (816kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (368kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (375kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Pada kondisi seperti ini, anak sangat membutuhkan dorongan dan motivasi untuk menumbuhkan semangat dalam mengikuti pelajaran. Salah satu dari faktor yang mampu mendukung serta mendorong motivasi belajar siswa yaitu orang tua. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Peran orang tua dalam memotivasi belajar anak pada masa pandemic covid-19, 2) Mengetahui metode orang tua dalam memotivasi belajar anak pada masa pandemic covid-19, 3) Serta mengetahui kendala orang tua dalam memotivasi belajar anak pada masa pandemic covid-19. Penelitian yang dilakukanADALAHpenelitian deksriptif kualitatif. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Sumber datanya yaitu orang tua, anak dan guru. Data analisis yang digunakan yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing (Verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan hasil bahwa peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemic di Desa Kalipang Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang meliputi: (1) orang tua mengontrol waktu belajar anak, (2) memantau perkembangan akademik anak, pada saat melakukan pembelajaran, (3) orang tua memantau perkembangan kepribadian anak, (4) orang tua memantau efektifitas belajar anak, dilakukan dengan cara orang tua akan duduk disamping anak dan mengajarinya dengan sungguh-sungguh, jadi jam belajar anak tidak ada yang terbuang sia-sia.Untuk metodenya, orang tua menerapkan (1) metode keteladanan, dilakukan dengan cara menerapkan contoh yang baik untuk anaknya agar ditiru, seperti membaca buku dan al-quran, (2) metode kebiasaan, metoe kebiasaan ini berawal dari metode keteladanan, dimana keteladanan yang sudah ditanamkan pada anaknya, maka akan dibiasakan pada anaknya (3) metode nasihat, dilakukan dengan cara jika anak melakukan kesalahaman akan dinasehati (4) metode pengawasan, dilakukan dengan cara orang tua akan memantau disampingnya dan (5) metode huku man maupun penghargaan, adapun pujian saat milai bagus atau hadiah saat juara kelas diberikan pada anak agar anak semakin giat dalam belajar. Dan hukuman diberikan disaat anak malas untuk belajar, dan malah sibuk bermain. Selain itu, adapun pula perbedaan profesi orang tua dalam memotivasi belajar anaknya. Orang tua yang berprofesi guru lebih perduli terhadap pendidikan anaknya, sedangkan yang berprofesi pedagang, petani dan ibu rumah tangga, mereka kurang maksimal dalam memotivasi belajar anaknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 04:01 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 04:01 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6907 |
Actions (login required)
View Item |